Fanny Wiriaatmadja

Hard Lense

Posted on: June 28, 2013

Sekedar berbagi info bagi para pengidap miopia maupun silinder, semoga info berikut bisa berguna.

Mungkin banyak yang gatau kalo mata saya tergolong langka karena punya minus sangat tinggi. Seinget saya, terakhir saya cek beberapa tahun lalu, minus saya ud nyampe 20-an. Kaget kan? Kaget kan? Untuk di LASIK pun saat ini mata saya belum memungkinkan karena syaraf matanya agak nyentrik alias lain daripada yang lain. Semoga teknologi di masa depan bisa mengakomodir kelainan mata saya ini.

Saya juga gatau darimana asal muasalnya, yang pasti pas TK ibu guru manggil mama saya karena saya ga pernah mau perhatiin segala sesuatu yang ditulis di papan tulis. Plus kalo jalan, saya sering banget nabrak pintu kaca, mulai dari sekolah sampai di mall. Kasian banget ya..

Karena curiga ada sesuatu yang ga beres dengan mata saya, diperiksakanlah saya ke dokter mata, dan ternyata beneran saya ud punya minus cukup tinggi saat itu untuk ukuran anak TK. Minusnya juga gatau asalnya darimana, katanya sih genetik. Aneh juga, padahal mama saya kayaknya sehat-sehat aja saat mengandung saya. Anyway pokoknya habis itu mulailah penderitaan saya dimana saya harus pake kacamata yang cukup tebal dan berat. Kalo’ pada inget film Carousel di jaman dulu itu, saya dijuluki si Valerie hihihi.. Kalo buka kacamata, saya beneran hampir ga keliatan apapun, semua samar-samar aja.

Kemudian di SMP, cici saya married, dan karena cici saya juga berkacamata, dia rencana mau pake contact lense untuk hari pernikahannya. Entah gimana dia bisa dapat rujukan untuk menggunakan Hard Lense, bukan Soft Lense. Waktu itu karena saya jadi pengiring pengantin (seinget saya), tau-tau cici saya nawarin juga untuk saya ikutan pake Hard Lense. Saya sih mau-mau aja secara saya bisa bebas dari kacamata yang tebel ini.

Nah mengenai karakteristik Hard Lense, berikut point-pointnya :

1. Hard Lense ini, sesuai namanya, adalah contact lense yang terbuat dari kaca. Jadi memang dia totally different dari Soft Lense yang empuk-empuk dari plastik gitu. Bentuknya bulat dan warnanya agak biru.

HardLense

2. Dilihat dari sisi ukuran, Hard Lense juga lebih kecil, hanya seukuran bola mata saja (yang hitam), jadi secara pemakaian sebenarnya lebih mudah masukkin Hard Lense ke mata ketimbang Soft Lense yang secara size lebih gede

3. Hard Lense bisa mengcover silinder

4. Hard Lense katanya lebih bagus untuk peredaran darah mata dan bisa mengurangi minus (kalo dalam case saya karena minusnya udah dalem banget, sepertinya advantage ini ga bisa diitung deh).

5. Hard Lense bisa dipakai dalam jangka waktu tahunan. Contohnya saya, saya sudah pake Hard Lense selama kurang lebih 15 tahun sampai saat ini tanpa pernah ganti (kecuali karena hilang). Pokoknya asal maintainnya bagus, Hard Lense ini awet dan tahan lama kok. Pernah ada yang pake sampe 28 tahun.

HL

Nah balik ke cerita, mulailah penderitaan saya kemudian, dimana sebulan-dua bulan pertama saya harus melalui masa penyesuaian memakai Hard Lense. Asli ‘nyakitin’ banget karena setiap hari mata saya harus kesakitan dan harus terus berlinang air mata saking sakitnya. Namanya mata dimasukkin suatu benda dari kaca, kebayang dong sakitnya kayak apa? Sampe sempet loh saya mau nyerah di tengah-tengah. Mendingan ga usah pake gini-ginian deh, udah biarin pake kacamata aja. Untung akhirnya saya bisa survive juga.

Penyesuaian ini juga berlangsung secara bertahap dan ada programnya. Hari pertama, pakai Hard Lense setengah jam. Hari kedua satu jam, dan begitu seterusnya sampai nanti di minggu-minggu kedua atau ketiga, kita sudah full day harus pake Hard Lensenya. Ga boleh bolong ‘latihannya’ karena kalau bolong, kita harus mulai dari awal lagi. Bener-bener ini masa ospek untuk mata saya.

Sebelum mulai masa latihan, bahkan saya nekad latihan memegang bola mata dengan jari. Setelah berkali-kali coba dan terus gagal karena mata terus berkedip (refleks otomatis dari mata ketika ada benda ‘mencoba’ masuk), akhirnya someday saya berhasil menyentuh bola mata dengan jari tanpa berkedip (hebat kan :p), yang sampe sekarang tetep bisa saya lakukan. Sekarang kalau ngelihat mata saya, pasti keliahatan ada pendar bulat di sekeliling bola mata saya. Itulah Hard Lensenya.

Setelah masa pencobaan selesai, mulailah saya biasa pakai Hard Lense. Hard Lense ini punya dua komponen wajib, yakni sabun dan lem. Saat mau memasang Hard Lense, Hard Lense harus dibersihkan dengan sabun. Setelah itu dibilas dengan air matang, kemudian harus diberi lem untuk dipasang di mata, supaya selalu terjaga tingkat kelembabannya. Saat mau copot, kita biasanya menggunakan pipet. Tinggal tempelkan pipet ke mata, dan Hard Lense akan otomatis tersedot di pipet. Copotin deh Hard Lense dari pipet, kemudian bilas dengan sabun lagi, dan taruh di tempatnya. Itu kira-kira untuk prosedur pemakaian atau pencopotan Hard Lense.

Selain dengan pipet, bisa juga mencopot langsung Hard Lense dengan tangan, tapi tentu saja lebih susah, karena harus ‘mengorek’ Hard Lense dari mata. Cara lain adalah dengan merendam mata dalam air sambil mengedip-ngedipkan mata, sampai Hard Lense copot sendiri.

Pipet

Untuk sabun dan lemnya, kita bisa beli di Klinik Lensa Mata (kontaknya nanti saya jelasin di bawah). Biasanya biar lebih murah, saya beli di Singapore, karena banyak dijual secara komersil di Watson dll, which is ga dijual di Indonesia.

boston_cleaner_30ml

Nah sehari-harinya sampai sekarang yang harus dijaga adalah kuku harus pendek, supaya pada saat mencuci Hard Lense, permukaan lensa tidak tergores. Kemudian setiap hari lensa harus dicopot (ga boleh pake terus) karena mata juga perlu bernapas. Saat menggunakan Hard Lense, kita juga tidak boleh pake obat mata, karena kristal yang ada di obat mata bisa menghimpit Hard Lense di mata. Banyak kan pantangannya?๐Ÿ™‚

Sehari-hari juga karena saya naik bus, challenge saya lebih besar lagi, karena kalo’ ada debu masuk ke mata, sakitnya bisa luar biasa, bisa sampe nangis-nangis ga henti saking sakitnya. Jangan heran makanya kalo tau2 saya kucek-kucek mata dan mulai menangis. Itu pemandangan biasa di keluarga saya. Mestinya sih saya pake kacamata tanpa minus sebagai pelindung dari debu sekaligus antisipasi biar ga kesenggol tangan dll (bisa jatuh Hard Lensenya), tapi kadang saya suka malas sih. Waktu outing di Bali, ada angin berhembus kenceng dan masuklah pasir ke mata saya. Wadoooow sakitnya ga ketulungan, dan terus menangislah saya sepanjang acara outing itu. Hard Lensenya ga bisa dicopotin juga, secara kalo nyopotin Hard Lensenya, terus tuh Hard Lense mau ditaruh dimana? Itu kan kaca, jadi ga bisa sembarang taruh juga. Terus kalopun dicopotin, terus saya ngeliatnya gimana? Buta dong? Hehe.. Ribet yah :p

HL2

Nah karena Hard Lense ini terbuat dari kaca, hati-hati juga karena kalo’ jatuh dia bisa pecah. Saya sendiri jujur cukup sering jatuhin Hard Lense, tapi untunglah sampai saat ini masih bertahan. Tapi saya pernah 2x hilangin Hard Lense๐Ÿ˜ฆ Pertama pas di eskalator GI, mata saya kesenggol tangan mantan saya secara ga sengaja, akhirnya Hard Lensenya copot dari mata kiri saya (sebelah), jatuh dan ga ketemu. Waktu itu kita sampe berhentiin eskalator (suruh petugasnya) dan sampe nyariin ke sela-sela eskalator sampe ditontonin orang banyak, tapi ga berhasil ketemu. Nyesek banget rasanya waktu itu. Terpaksa bikin lagi.

Kedua kali adalah pas di Taiwan, dan saya lagi nyuci Hard Lense saya di Wastafel, terus kepeleset dari tangan saya dan sukses nyebur ke lubang wastafel. Masalahnya waktu itu airnya lagi mengalir, jadi bisa dipastikan Hard Lensenya langsung hilang tersedot. Tapi saking desperatenya, saya waktu itu sampe panggil orang Hotelnya (untung Mama saya bisa bahasa Mandarin), dan teknisinya sampe copotin pipa-pipa wastafelnya untuk nyari Hard Lense saya (ih asli itu pipa isinya jorokkkk banget) tapi ya sudah pasti ga ketemu. Jadilah di 2 hari terakhir tour itu saya pake kacamata, which is sangat berat dan bikin tulang kuping saya sakit sampe sakit kepala (resiko minus tinggi, kacamatanya pasti super tebel). Pengen juga sih nekat pake Hard Lense sebelah saja, tapi bisa kan kamu bayangin, sebelah mata normal, sebelah mata lagi ‘buta’ (saking tinggi minusnya)? Jadi daripada saya pusing dan mata saya juga tambah rusak karena diforsir melihat hanya dengan 1 mata, akhirnya ya sudah no choice selain pake kacamata. Begitu pulang Jakarta, bikin lagi deh sebelah Hard Lense itu.

Harga Hard Lense sendiri karena memang lebih permanen dan lebih awet tentu lebih mahal dari Soft Lense. Satu bijinya harganya sekitar 1,5 – 2 juta. Kalo sepasang berarti around 3 – 4 juta. Buat yang tertarik mau pesen Hard Lense, bisa telepon ke : 021-390 8884. Klinik Lensa Mata ini ada di Plaza Adorama di Menteng (di sebelahnya Satay Khas Senayan). Di sini ada dokternya juga, tinggal janjian aja sesuai jadwal dokternya. Setau saya namanya Dokter Yudowati.

Dari Klinik ini, orderan akan dioper lagi ke Lab mereka di Bandung, namanya Inned, dan takes time bikinnya sekitar 3 hari sampai seminggu, kecuali kalo kita mau ngambil langsung ke Lab nya di Bandung itu. Untuk pembuatan, yang pasti pertama kali pasti minus/silinder mata kita akan diukur, termasuk kelengkungan bola mata kita, supaya Hard Lensenya nanti ‘klop’ pas dipasang di mata. Jadi memang customize banget. Hard Lense juga bisa digunakan oleh anak kecil, tapi pasti upaya penyesuaian/latihannya agak sangat challenging karena (seperti yang saya cerita tadi) bakalan menyakitkan mata.

Untuk perawatan, klinik ini juga menerima proses pembersihan Hard Lense (secara berkala alangkah baiknya kalo kita service Hard Lense kita supaya permukaannya dipoles dan dibersihin dari kotoran-kotoran dan guratan kuku). Tentu saja Hard Lensenya sendiri harus dioper lagi ke lab di Bandung itu, dan kita harus pake surat pengantar yang hanya bisa didapat dari Kilinik Lensa Mata di Plaza Adorama itu.

Untuk pembuatan Hard Lense, saya belum tau lagi klinik/lab lain yang bisa membuat Hard Lense ini. Yang pasti Optik Melawai, Optik Tunggal dll itu sih ga menyediakan service pembuatan Hard Lense (saya pernah tanya).

So monggo dianalisa kebutuhannya, apakah lebih prefer pake Soft Lense atau Hard Lense๐Ÿ™‚

124 Responses to "Hard Lense"

Mba Salam Kenal…
Nama saya rita….saya pki kcmt juga -20 and -21, silider 4. Belum pernah pakai hard lens. Jadi tertarik untuk pakai hard lens setelah baca artikel mba. Masalahnya saya ada floater apa masih mungkin pakai hard lens. Mba sehari pakai berapa jam mba.
Thanks.

Hi Rita..
Hehe sama, aku juga superbanyak floaternya, sampe’ dokter Spore geleng-geleng kepala..
Sepertinya memang itu ‘lazim’ ya bagi para pengidap minus tinggi.
Mestinya sih gpp pake hardlense, tapi better konsultasi dulu sama dokternya juga.
Sehari aku bisa pake seharian dari pagi sampe malem, tapi yang pasti malam harus buka, ga boleh pasang terus non stop sampe’ berhari-hari.
Gitu deh kira-kira..
Semoga semua lancar ya..

Coba nanti aku konsul ke doter ya, cuman suka sock kalau kir mata…pasti nambah, nga ke bayang bagaimana tebelnya kalau minusnya tambah lagi. Sekarang saya tergantung sama kacamata, sudah nga bisa lepas untuk aktifitas sehari-hari, untuk mandi pun saya selalu pakai, kecuali tdur Mba. Mba Fanny ada silindernya. Berobat di Singapore mahal ya Mba? Saya tadinya ada rencana di lasik di Klinik Mata Nusantara, tapi karena retina saya tipis jadi tidak memungkinkan untuk lasik. Mba Fanny kalau di rumah pakai kacamata Mba, maksud saya kalau lepas hard lens. Sekarang kalau ukuran kacamata yang di pakai minus berapa.
Thanks ya infonya…..kalau ada info lain mengenai mata minus tolong di kasih taha ya.. Always keep in touch.
Rita

Iya malam habis copot HL saya pke kacamata. Minusnya ga inget krn kacamata lama he2.. ada silinder jg.
Saya jg ga bisa dilasik. Sama deh nasibnya he3..

Beruntung Mba Fanny masih bisa pakai hard lens, semoga aku juga bisa, cuman kl perikasa minus ku pasti tambah. Mba Fanny tahu untuk hard lens bisa samapai minus berapa? Mba Fanny pakai hard lens minus berapa. Dari info dokter untuk soft lens biasanya digunakan lebih rendah dari minus sebenarnya. Mata Mba tanpa kacamata indah, seperti tidak ada masalah, kalau saya lepas kacamata mata saya kelihatan jelek sekali, dan harus menyipitkan mata karena lepas kacamata. Sekali lg thaks ya mba infonya.

Sama2..
Aku juga lupa minus hardlenseku berapa.. udah lama soalnya haha..
Sama aja kok Rit, aku juga buta kalau buka kacamata, hehe..
Semoga lebih baik nanti setelah memakai Hardlense ya..

sis salam kenal,, blognya sangat menarik dan memberi info bget (y).
btw mau tanya untuk kelengkapan perawatannya selain hardlensnya deh. itu beli di indonesia brp harganya? kan klo di Sing lbh murah tapi untuk saya gak memungkinkan krna jauh dan jrg ke sana jg. thanks vani.

Hi Van.. salam kenal jg.. sorry u/ obatnya di Jakarta saya beneran blank kisaran harganya. Biasanya saya beli agak banyak dr Spore, titip temen. Harganya jg saya lupa๐Ÿ˜ฆ mungkin bisa coba call Klinik Lensa Kontaknya u/ coba tanya? Kalau tidak salah sih seratus ribuan ya u/ masing2 sabun dan lem hardlensenya..

mbak fanny salam kenal๐Ÿ™‚
Blog-nya bagus, saya jadi dapet banyak info soal hard lense.
Saya juga pengguna hard lense, tapi baru 6 bulan. Dan selama 6 bulan ini mata saya masih belum bisa beradaptasi dengan hardlense. Pakai hard lense bukannya mata tambah fokus, tapi malah semakin kabur. Kalo baca cerita mbak, cuman bbrp bulan ya. Tapi kok saya ngga. Saya pake hardlense nya ngga tiap hari, kalo olah raga aja, apakah itu juga ngaruh? Apa harus tiap hari ya mba, supaya adaptasi nya cepet?

Terima kasih.

Hi, salam kenal..
Iya waktu pertama-tama sih memang burem banget, kayak ga ngefek gitu. Tapi lama-lama terbiasa juga sih.
Kayaknya sih harus tiap hari ya, supaya bisa terbiasa, tapi tergantung sih, mungkin better consult langsung dengan dokter?
Soalnya dulu saya sih semakin hari semakin nambah jam pemakaiannya sampe bener-bener pake reguler tiap ari.
Semoga bisa membantu ya..

Mba ada foto pake kacamata?

Waduh kayaknya udah berbelas2 tahun ga foto pake kacamata, haha..

kalo minus nya masih kecil, mendng pake soft / hardlense? thx..

Hmmm tergantung kebutuhan ya sepertinya.. kalo untuk pemakaian permanen n jangka panjang, mendingan hardlense. Kalo untuk sesekali aja, mendingan softlense..

Ci fanny, aku baru aja nyoba hard lens nih..bru sih 5 hrian..msh adaptasi..tp kok mata aku jdi menyipit otomatis ya..soalnya kaya susah gtu ngeliatnya msh blm fokus,berbayang gtu kaya ada genangan air dimata diap abis ngedipin mata, itu Emang kaya gtu ya adaptasinya?mohon dijawab ya..makasih ciii..

Hi Indah.. iya sama dulu aku juga gitu kok awalnya.. mata jadi susah buka lebar, berair terus, burem dll.. nanti seharusnya lama2 biasa kok๐Ÿ™‚ jia you!

Iya ciii.. Emang ga seenak pake softens ya.. ak pke softens dlu, cm gara” iritasi berulang,kata dokter klo dilanjutin pke softens bs buta,direkomen pke hard lens..astagaaa setengah mati adaptasinya..hehe.. Emang dlu cici adaptasi brpa lama? Trus stelah ud kelar masa adaptasi,udah ga burem+sipit kn ya? Trus ciii,pernah ga iritasi gara” hard lens gtu?maaf ya cii,nanya banyak,ahaha..

Iya setelah adaptasi sih ga burem lagi.. malah lebih jelas daripada pake’ kacamata๐Ÿ˜€ Dulu lupa adaptasinya berapa lama, yang pasti sih lebih dari 1 bulan deh. Ga pernah iritasi sih, cuma pernah waktu itu masuk debu dan mata jadi sakit banget sampe’ nangis2 + merah.. Semoga lancar ya proses adaptasinya๐Ÿ™‚

Cicii..aku Mau nanya lagi deh..cici pertama” tuh hard lens nya goyang ga dimata?trus yg di tulisan cici itu,yg dimaksud ‘lem’ pas pasang hard lens nya tuh cairan pencucinya/ Beda lagi ya?soalnya ak cm disuruh pke cairannya+ sabunnya ( 3x smggu ci). Trus fungsi lemnya apa+ merk nya yah ciii..hehehe

Cicii..cici pertama” tuh hard lens nya goyang ga dimata?trus yg di tulisan cici itu,yg dimaksud ‘lem’ pas pasang hard lens nya tuh cairan pencucinya/ Beda lagi ya?soalnya ak cm disuruh pke cairannya+ sabunnya ( 3x smggu ci). Trus fungsi lemnya apa+ merk nya yah ciii..hehehe

Hi Indah.. iya agak goyang kayak mau jatuh dan ga atabil.. nanti lama2 biasa kok.. lem itu maksudku cairan yang buat pasang hardlensenya ke mata. Merk sabun dan lemnya sih Bausch n Lomb. Jadi sama kok, sabun buat cuci dan lem buat pasang ke mata..

Cicii fanny!! Astagaaa ini aku baru aja masa adaptasi..trus kemarin ciii..hard lens aku lepas dan jatuh yg sebelah kanan..nyesek bangett ciii.. kmren aku beli 3,6..hyaaaa.. cicii, boleh minta nomer hp cici ga yah? Mau nanya” soal beli lagi nya nih..aku lgsg shock nihh..huhu.. klo boleh,cici tolong email ke nz_ndah@yahoo.com nomer cicii.. thx ci

Jatuh terus ilang???
Duh..
Belinya should be sebelah aja sih, bisa kok.. harga sama, ukuran dll. tinggal nyesuain data lama.
OK nanti aku email ya nomornya..

Kak fani..
Aku kan udh bbrpa blan pake SL.. Nah ini mau pake HL.. Apa ada jarak waktu utk mau pake HL?
Oyaa kak .akU mnta nopenya juga boleh?
Mkasiih ka fani..
WA ku 085 646 526 586
Nopeku 089 662 338 258
Pin ku 2a497a76

Lena

Hi Lena..
Jarak waktu dari pake SL ke HL sih mestinya ga ada ya..
Sip nanti aku add yah..

Oyaa kkak menurun ga minusnya?
Ok kak kutunggu yaa

Gak nurun sih Len, hehe.. *nasib..

Kaa Fanii..boleh liat foto matanya klo dipakein HL?
Dri sampingg gtu kak?
apa ga gmpang jatoh sii kak ?๐Ÿ˜
Kan dia kaca n apa ga berat ato ngganjel di mata?๐Ÿ˜
Sent from BlackBerry9790ยฎ on 3

Haha dari samping agak nonjol gitu Mila..
Ga gampang jatuh sih sepanjang ga kesenggol mata.
Ganjel di awalnya, tapi kan ada masa adaptasi, nanti lama-lama biasa kok.

mba harga hardlens nya itu kira kira berapa ya

Eeermmm ud lama ga ngecek.. mungkin sepasang 3 sampai 4 jutaan ya

G boleh kedip2 dong yah….misal…kesenggol tuh…maksudnya apa yah???

Mbak fanny…anak sy 16 thn. Minus 14 n 9. Ada riwayat glukoma jg. Utk pake HDada efek gak ya? Utk ukuran apakah dsesuaikan dg minusnya. Klo kcmata biasanya agak dturunin biar gak pusing kan.mksh utk jwbnya….

Hi mbak.. klo glukoma saya kurang tahu, mungkin bisa consult sama dokter.. sama sih setau saya klo hardlense biasanya minusnya akan diturunin๐Ÿ™‚ krn biasanya dia lebih ‘tajam’ dr kacamata.

Mantannya tanggung jawab ga tuh? Mentang-mentang mantan, seenaknya sama cewek… -_-

Hehe kan ga sengaja..

wah artikelnya menarik nih mbak๐Ÿ™‚
aku juga pengguna hardlens nih, minus 3.75, sampe sekarang udh hampir 4 tahun pakai hard lens.. so far ga ada masalah apa2 sampe sekarang๐Ÿ™‚
kalo aku pesen hardlens di JEC aka Jakarta Eye Centre yg ada di daerah menteng. waktu itu harganya sekitar 1.6juta satuannya๐Ÿ™‚
Terus kalo untuk sabun dan pembersihnya aku pake merek Menicon.. Pernah coba pake boston tapi aku rasa terlalu mahal hehe lebih murah merk Menicon, kebetulan merk hardlens ku juga menicon. Katanya sih diimpor langsung dr jepang. soalnya nunggu proses pembuatannya lama waktu itu, sekitar 1 bulan baru selesai..

Hoaaaa nambah wawasan bgt nih.. thank you Echi.. salam senasib y.. thnks u/ sharingnya.

halo kak Echy^^.
Aku mau tanya, waktu kakak pesan hard lens di JEC proses pembuatannya sampai berapa lama ya? Soalnya aku kan baru pesan hard lens di JEC, tapi kata mbaknya buatnya sampai 2,5 bulan. Itu lama bangeeeeet..
Oiya terus kak Echy minus berapa? Apa tergantung minusnya kali ya makanya lama buatnya hehe๐Ÿ™‚

Iya btl..sy baru tgl.18april2016 psn hl utk a ak sy 18thn. Smpu 2bln nan jjadinya,dokter nya tri .awal fiting kt anak saya sakit,perih.anak sy yg mata kanan ada bks luka kornea.sdh sembuh tp bs pki hl,krn buram matanya,silinder 7.harga sekarang sepasang 4.2jt

Iya sama bu Devi, saya juga waktu itu yang menangani Dr. Tri. Tapi yang saya bingung kenapa jadinya lama banget ya 2 bulanan sedangkan yang lain cuma 1 bulanan

Mungkin ada requirement khusus or lain dr yg lain seperti minus tinggi dll kali ya..

@aliziafatimah, mungkin dirakit di luar negeri ‘kali makanya butuh waktu 2,5 bln.
pesen di klinik kontak lensa yg di plaza adorama menteng ajaaa.. cuma 1 minggu-an. di assemble di bandung, materialnya doang yg impor *bukansales,cumakonsumenyangpuasaja๐Ÿ˜€

Krn disuruh di bikin nya di jec ya sdh ,nunggu sj biar lama jg,sy jg lupa nanya mungkin apa buatnya di ln import langsung,katanya merk medicon. Type hl anak sy menicon kerotokonus. Smg pki hl bs membantu penglihatan anak sy yg buram,msh ada harapan utk tajam penglihatan nya. Jd nga smpi hrs dicangkok.

Saya juga pengguna hard lens kurang lebih sudah 5 tahun dan udah 3x ganti, ganti yg ketiga kali mya 6bulan lalu setelah baru ketahuan kalo gabisa pake hard lens biasa, selama pake hard lens biasa mata saya selalu sakit dan perih kayak ketusuk2 padahal jangka pemakaiannya udah lama dan udah adaptasi, akhirnya setelah konsul lagi kedokter saya dirujuk buat melakukan beberapa tes. Dan ternyata mata saya terkena keratoconus (kelainan kornea) lalu saya akhirnya membuat hard lens baru khusus mata keratoconus, harganya agak lebih mahal dibanding hard lens biasa sekitar 5-6jt sepasang, saya bikin hard lens di klinik mata nusantara karna pertama kali saya coba bikin hard lens di jec (jakarta eye centre) mba nya nge fitting hard lens nya kurang bagus, agak lebih longgar dari ukuran seharusnya jadi mudah lepas dari mata. Punya saya yang sekarang nyaman banget dipake nya. Oiya sebelum pakai hard lens 5 tahun lalu saya minus 6 dan 4, plus 2 dan 1,75, silinder 6,5 dan 4,75. Kalo plus saya sih katanya bawaan genetik juga, kalo minus saya sudah dr kelas 3sd memang pakai kacamata karna minus 3 sejak kls 3sd. Tapi akhirnya pas sudah 3tahun pakai hard lens minus saya udah gaada pas dicek,plus saya juga. Tapi silinder saya belum sembuh-sembuh kalau mau di lasik nanti lapisan mata saha jadi sangat tipis karna silindernya terlalu tinggi, saya juga heran kenapa minus dan plus saya bisa sembuh dlm waktu 3tahun itu, memangsih saya gunainnya rutin banget juga mama saya suka beliin vitamin dan obat2an yang bagus buat mata, sampai sekarang juga saya rutin kontrol wajib dokter 6bulan sekali untuk maintain perkembangan mata saya, buat orang orang yang minus/plus/silindernya tinggi sih saya recommend banget pake hard lens karna ga akan sepusing dan secapek pake kacamata terus bisa kecover full buramnya, kalo kacamata setau saya sih kalo udah tebel banget juga akan pusing banget dan gaakan terlalu disarankan, malah akan lebih diarahin ka hard lens. Eheheh sekedar berbagi pengalaman aja:)

Wahhh thank you sharingnya Kris.. seru bgt bacanya haha.. iy hardlenseku juga dulu ngukurnya ga pas jd mau jatuh terus.. untung jg ktahuan ya kelainan korneanya.. jd serem jgn2 aku jg ada kelainan yg sama..

Mbak fanny : postingannya membantu bgt๐Ÿ™‚ saya pengguna SL tapi lagi g enak aj pake SL, jadi pengen coba HL

Mbak krista: mbak enak bgt bisa ilang gitu, ilangnya bertahap selama 3 kali ganti? Setiap ganti turun brp minus dan plus mbak? Berarti kerasa pusing dong pas make HL karena minusnya berkurang?

Iya Rahma, cobain aja pake Hardlense๐Ÿ™‚

hardlense anak sy sdh jadi..tp dia dirumah pas latihan lg sakit,blm pas krn msh berkedip,sampi teriak teriak katanya sakit nusuk2,pdhal waktu fdicoba di JEC lancar.
jg mo nyerah sj,kt nya lbh baik buram yg mata satunya drpd pke HL.
sy baca cerita krisna jg kwatir jg jgn2 si mba nya ngukurnya nga tepat.
katanya HL yg dibuat di JEC dibuat di Jepang ,jd agak lama,yg anak sy lbh cpt sih 1.5bln jadi.
Saya lg cari pipet nya yg bagus ujungnya warna biru,yg dijual di optik JEC ,tp kemarin kosong.Jadi sy beli di optik melawai salemba yg putih ,yg biasa 12rb. sepertinya beda sama yg dijual di JEC.
mungkin ada yg tahu dimana sy bs dapat kan PIPET tsb.
Kalau blh tahu,mba yg fitting di JEC namanya siapa? jg klu di klinik mata nusantara dokter nya siapa namanya? tks …

Hi.. sorry for the late reply. Yg bikin di JEC mungkin bisa bantu ya? Saya bikin di tempat lain soalnya.. mungkin coba dikonsultasikan lagi ke dokter JEC nya?

Mba Panaragankidul , maaf saya mau tanya. Kan saya juga pesan hardlens di JEC , hari Sabtu kemarin sudah jadi dan sudah saya ambil. Terus kan disuruh beli sabun2 pembersihnya seperti Meni Care dan Saline NaCl yg dipakai untuk infus itu
Yang ingin saya tanyakan, Mba cara membuka tutup salinenya itu diapakan ya? Sudah saya tusuk pakai jarum tapi airnya tetep ga mau keluar.

hai fanny, tosss!! sy jg pemakai hard lens-nya klinik lensa mata. udah pake slama 19 tahun yg kiri, skrng mau bikin lg krn kt lab yg di bandung udah agak “somplak” pinggirnya. lensa yg kanan br ganti thn 2010 krn ilang stlh 14 tahun pake.
sy ngrasain bgt manfaat hard lens ini mengingat minus dan silinder sy yg cukup tinggi skitar 13! btw, dgn minus tinggi ini sy bisa melahirkan normal lho. jd tetap semangat ya, ladies.
sy rekomen bgt pake hard lens-nya klinik lensa kontak plaza adorama ini. harga per lensa kisaran 1,75 jt- 2 jt. sabun dan conditioning (lem kl kt fanny) sekitar 100-200 rb. bahan utk buat lensa masih dr usa, dibuatnya di bandung di pt. inned. sabun dan conditioningnya merk kerry buatan taiwan.
silakan hub sy butuh info sharing pengalaman yaa.. fedear.nst@gmail.com
makasi buat fanny yg udh share ya. btw mnurut info peminat hard lens nya klinik kontak lens plaza adorama udh makin bkurang padahal bagus bgt kualitas lensanya, mungkin krn kurang promosi d. hayuh pada beli hard lens di klinik lensa kontaaaaakk..! heheheh..

Wah sbgai pengguna HL klinik Adorama, aku mrasa bangga! Haha.. pdhal skrg ud byk ya RS2 yg bisa bkin HL jg.. ud banyak komperitor.. thnks u/ sharingnya ya.. banyak nih pengguna hardlense..

halo.. saya mau ikut tanya dong. cairan buat rendem sama tetesnya ini kl di jkt bisa beli di mana yah selain di menteng?

pt inned di bandung kayanya tutup deh. saya uda bolak balik tp tutup terus..

saya uda pake hardlens dr jaman smp which is uda ampir 10 taun. tapi pake nya kebanyakan bolongnya alias males pakenya. baru rajin pake pas kerja lagi saking desperatenya liat laptop tiap hari

Hi.. coba call ke klinik mata nusantara d.. klo di guardian atau smcamnya kayaknya ga dijual y

Di galeri optik melawai salemba ada dijual:-)obat rendaman,sabun.

slm knal kak fanny.. senasib ma kakak.. bru bca critanya kakak sya jd tertarik make HL..gk mw pke kcmata yg berat.a mnta ampun ini lgy.. harganya emng sgitu buat smua minus ?? ap makin tinggi minusnya makin mahal harga HLnya ?? mksh infonya๐Ÿ˜€

Hi Ana.. Iya setau saya rata-rata harganya segitu sih.. Tapi better cek ke dokternya langsung deh haha..๐Ÿ˜›

Hi mba..Aku jg disarankan pakai HL..dan aku juga punya glukoma…Tapi masih sedikit gak pede pas baca adaptasi mba yang harus menahan sakit huhuhu…

Hi Carie.. pelan2 aja.. konsultasi dulu sama dokter.. emang awalnya susah sih, tapi lama2 kalo’ udah biasa, sangat membantu kok.. semoga berhasil ya..

salam kenal..aq mau nanya untuk bli hard soflensnya cuma ada di klinik itu aja..?ga ada tempat lain y..trus klo mata sebelah udah buta masih bisa ga pake hard soflens..??sam

Hi Sam.. setau saya skrg ud ada di tempat lain juga kok. Bisa coba cek ke klinik mata nusantara atau jakarta eye center. Untuk mata yg sudah sebelah buta mungkin bisa konsultasi sama dokternya. Semoga berhasil ya

mba.. salam kenal. aku pengguna soft lense udah bebeapa tahun ini. ibu kantin di kantorku rekomendasiin aku pake hard lense. kok klo dia ceritanya hard lense yg dia gunakan ditanem gitu ya? jadi ga pernah dicopot2 skalipun tidur. dan dia bilang untuk pembersihannya dilakukan setahun sekali itupun sama dokternya….. emang ada ya mba yg kaya gt? apa aku yg kurang gali info? thx buat share nya

Hi Anty.. klo yg ditanam aku pernah dger tp sepertinya bukan hardlense, mungkin sesuatu lensa x ya. Lebih advanced sepertinya๐Ÿ™‚ better consult ke dokter ya.. smoga sukses ya

postingan ini buat aku penasaran tentang hardlens dan buat nambah ilmu bagi calon pemakainya. kak saya mau tanya,hardlens bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama sampai bertahun”? maksudnya lem dari hardlens itu apa ya kak?

kalau pakai hardlens harus konsultasi dulu ke dokter mata? aku masih ragu mau beli hardlens ini karena kalau kena debu atau benda asing yang masuk katanya sakit perih seperti mau nangis. mohon dibalas ya kak, thanks

Hi Septiana.. Bisa dipakai dalam jangka waktu lama sih selama perawatannya awet. Kayak aku, ud pake belasan tahun (sayang aja sempet ilang, jadi ganti baru hihihi). Sebenernya bukan lem sih, itu semacam cairan untuk melekatkan hardlense di mata kita. Istilahnya pelembab/conditioning. Yes, recommend u/ konsultasi dulu. Iya memang kalo ada benda masuk perih sih, tapi kan bisa dicegah misal dengan pake kacamata tanpa minus, dll.

Semoga jadi pake’ hardlensenya๐Ÿ™‚

Hardlens itu apakah bisa pecah di mata (saat di pakai ) ?
Thanks

Dulu pernah tanya dokter hal yang sama malah diketawain. Katanya sih ga mungkin, tapi ya pokoknya ati2 aja d๐Ÿ˜€

Artikel yang sangat bermanfaat, gw jd tahu gmn hardlens.. mata gw cukup gede minusnya,kiri 14 kanan 9 silindris 1.. uda 10 thn gw pake softlense sehari hari untuk kerja.. tapi 3bln ini gw ngerasa kering nih mata.. mau pake kacamata g memungkinkan cz pekerjaan gw beresiko.. rencana mau lasik,tp setelah googling,lasik g bs untuk minus diatas 12.. lalu ada jg tanam lensa, tp ngeri bgt n mahalnya minta ampun.. sebiji mata 20jtan.. setelah gw baca artikel ini,gw jd tertarik untuk coba,cz mata gw selalu merah klo pake softlense.. mmng sih g ada masalah n msh nyaman,tp ngeri jg klo baca2 akibat softlense.. apalagi sdh ngerasa mulai kering.. ada bbrp yg gw mau tanyain, klo hardlense satu hari maksimal dpakai selama brp jam? Lalu sehari itu perlu ditetesin matanya apa tdk? Kalau ketiduran pake hardlense,bahaya atau tdk? Bisa renang g dngn make hardlense? Tks responnya

Hi Arka.. HL setau gw tiap hari harus dilepas supaya kasih istirahat ke mata dan jaga peredaran darah di mata. Untuk maksimal jamnya jujur gw lupa juga. Tapi biasanya gw sendiri pribadi pake start dari jam 6-an pagi sampe’ malem jam 9-10-an. Kadang malah kalau ada acara bisa sampe tengah malam. Yang penting harus dilepas tiap hari sih, kasih break buat mata, apalagi kalo’ mata udah berasa perih dan capek pake HL. Kalo’ kelamaan pake’ biasanya mata gw agak perih. Jadi udah ada semacam automatic remindernya juga sih. Kalo’ tetes mata gw sih ga ada, karena setau gw tetes mata terbuat dari kristal2 yang malah bisa berhimpitan sama hardlense. Gatau kalo’ sekarang udah ada obat tetes mata khusus untuk hardlense. Btw pas pake HL sendiri, biasanya kita akan tetesin semacam lem/pelembab, itu untuk jaga kelembapan mata sih. Kalo’ udah kering, mungkin memang udah tandanya harus diistirahatin kali ya matanya. Kalo’ ketiduran sih gpp ya sepanjang tangan ga ‘tanpa sengaja’ ngucek2 mata atau semacam itu. Cuma gw selalu menghindari pake’ di tidur malam hari, karena again mendingan mata diistirahatin. Kalo’ tidur siang sih gpp dipake’. Untuk berenang kalo’ pake kacamata brenang yang proper, mestinya gpp, selama HL terlindung dari air. Kalo masuk air sih mending jangan, karena biasanya alternatif nyopotin HL adalah dengan kedip2in mata di dalam air, jadi kalo’ dibawa brenang dan masuk air, terus melek, takutnya HLnya malah lepas dan hilang. Kalo’ pake kacamata mestinya cukup aman. Overall better consult sama dokter biar lebih yakin๐Ÿ˜€ Sukses ya..

Hai Fanny, mau tanya, beda hard lens beda masa waktu pemakaian juga ya? Soalnya kemarin saya baru tanya ke Melawai, harga per pasang sekitar 1.4jutaan dgn masa pakai 1 tahun. Kalau dari cerita Fanny bisa dipakai lama.. Hehehe..lagi berminat pakai juga cuma masih newbie banget.. terima kasih banyak ya infonya

Hi Jeng..
Karena sudah semakin maju, setau aku memang ada beberapa jenis hardlense seperti semipermeable dll. Mungkin saja sih masa pakainya berbeda. Punyaku sendiri jenisnya aku udah ga inget karena udah lama banget belasan taun. Mungkin bisa coba explore di optik lain/ di klinik mata nusantara/ Jakarta Eye Center. Semoga bisa nemu yang jenisnya bisa dipakai lama ya๐Ÿ™‚ Selama perawatannya OK sih setau aku bisa pake’ tahunan.

Halo sis..

Makasi blog nya .. Aq setelah baca blog ny jdi pngen cobain hard lens nya..
Aq dlo pemakai soft lens .. Skrng jga ud gak pake karna mata ku selalu kering yh walaupun ud pake soflent dri sg..
Mnurut sis mata kering cocok gak yah..
Kalo ga cocok kn wasted banget.. Apalagi mesti ke jakarta ..
Jauh -.-
Mohon nasehat nya yah sis…

Thx

Hi Yel.. sekarang hardlense jenisnya ada banyak sih.. mungkin bisa coba consult dokter, jenis mana yg cocok u/ mata kering๐Ÿ™‚

Hi Fanny,

bisa tlg di update, apa sekarang masih terus beli cleaner and lem nya di Singapore? Boleh tau berapa duit? Sebagai info, untuk Kerry Cleaner 180 ribu dan Kerry drop 150 ribu di Lensa Kontak Jakarta. Apa masih lebih murah di Singapore? Dan apakah boleh pake hard lens dari Klinik kontak dan beli cleaner nya merek Menicare? Thanks untuk advice nya.

Hi Nov.. sorry banget saya juga lupa harga di Singapore berapa karena udah agak lama ga beli lagi.. Tapi kurang lebih 150-ribuan sih seinget saya kalo di-kurs-in. Kalo cleanernya beda merk mending cek dulu kali ya sama Klinik Lensa Kontaknya, boleh atau ga. Biar safe aja sih. Dulu awal2 pake hardlense, saya dikasih merk Boston. Jadi terbiasa beli itu. Waktu ke Singapore, katanya merk Boston itu ud ganti nama, jadi abis itu saya tetep terusin n konsisten pake merk itu, sementara di klinik lensa kontaknya sendiri katanya ganti ke merk lain.

ci, mau nnya..
ak ud bberapa hari pake hardlens..
Tp bner” gk nyaman, ci..
Kadang hardlens’a itu lari dari bola mata hitam saat aku kedipin mata..
dan rasanya masih kabur” gt ci, spt ad genangan air dr pelembap buat nempelin si hardlens..

mmg gt ya ci klo awal” adaptasi dgn Hardlens ? soal’a sering banget hardlens’a lari dr bola mata hitamku

Hi Hellen, sorry for the late reply..
Emang awalnya ga nyaman banget sih, nangis terus, mata ga bisa membuka dan ngeliat dengan normal dan seinget aku memang sih kalo kedip suka kabur dari mata karena mata belum biasa ada benda di dalamnya dan ga bisa ‘megang’ hardlense dengan normal. Jadi menurutku itu cukup normal
Kalo’ setelah beberapa bulan masih seperti itu, kayaknya kamu harus cek ke dokter, mungkin ukuran fisik hardlensenya kurang pas di mata sehingga ‘jatuh’ terus.
Sabar ya, semoga lancar semua proses adaptasinya
Aku juga dulu sampe beberapa bulan, baru mulai biasa dan nyaman pake’ hardlense.

Halo salam kenal, aku juga pemakai hard lens selama 14 tahun. Sampai sekarang nyaman2 aja ga ada keluhan. Hanya pernah ganti 1x karena ada kenaikan minus (tapi ga banyak). Just info, PT Inned di Bandung sekarang lokasi nya di Jl. Arjuna no. 89. Nomer telp: 022 6015079. Baru aja hari ini beli yg untuk rendaman merk Kery harganya 190rb & untuk lem nya 140rb. Kadang suka ganti beli di Singapore merk Boston Bausch & Lomb conditioning solution harganya terakhir beli sekitar 15 SGD. Cleaner nya kadang suka kosong di Singapore. Akhirnya jadi beli merk Kery lagi dech di Indo untuk rendamannya…Semoga informasi nya membantu yahh ^^

Hoaaa thank you untuk infonua Audry, lengkap banget. Salam sesama pengguna hardlense๐Ÿ™‚

Ada yg domisili di bandung? Kl mau konsul selain ke cicendo kmn lagi yah? Thank u

Terimakasih sekali infonya, saya cari-cari alamat barunya PT Inned akhirnya ketemunya disini. Dulu pernah dapat sms pemberitahuan pindah alamat tapi terhapus

hai kak fan, nama aku refita salam kenal yaa..
mau nanya nih kalo pake hard lense itu aman gak ya dipake seharian? soalnya selama 6bln lebih aku pake soft lense kak, tapi suka iritasi gitu gabisa buka mata kalo kena silau matahari/lampu. akhirnya aku ke dokter untuk minta resep biar pake kacamata lagi, tapi aku suka sebel soalnya kalo pake kacamata suka potong dibulan ke2 atau ke3, terus dokter aku nyaranin pake hard lense, terus aku langsung googling dan nemu artikel kaka ini. pas baca artikel sama komen2nya sih jadi agak takut buat pakenya karena aku orangnya teledor banget๐Ÿ˜ฆ oiya mau nanya juga, katanya pembuatannya kan di bandung, kalo boleh tau jalan apa ya soalnya aku juga dari bandung kak hehe

Hi Ref.. salam kenal juga.. super aman kok pake hardlense. Untuk alamat di bandung coba cek salah satu comment di atas ya, ada update alamat terbaru klinik Inned nya. Ji you pake hardlense. Aku jg teledor kok, hardlense sering jatuj tp untunglah masih survive haha.. semangat ya..

Haloooo semua… aku konsul + pesen hardlens di JEC. Adaptasinya masih sering ‘bolos’ nih gara2 sering pergi, soalnya takut ditabrak orang jalan (tiap ke mall atau kemana kek pasti ada aja yang orang atau emak2 jalan buru2 trus nabrak dan anak kecil lari2 sampe nabrak aku T_T hiks).

Pas selama adaptasi emang ngerasa matanya kayak ketusuk nggak sih?

Untuk tetes mata, aku pake Rohto yang khusus hardlens.

Kalo udah lama dan biasa pake hardlens emang nggak ngerasa ganjel di mata ya?

Hi.. salam kenal.. lama2 ga sakit kok kayak ngliat biasa :)jia you

Hai semuanya salam knal ya….aku juga penderita minum diatas 25an ( skrng blm kontrol lagi minusnya terakhir sktr 5 thn yg lalu ) aku juga pengguna HL sudah sekitar 13 tahunan, tp sdh 2x ganti HL sktr 4-5 thn sekali gantinya, dulu menggunakan SL tetapi SL tdk bisa menjangkau minus yg tinggi banget seperti aku, makanya dulu aku iseng cek mata ke JEC dan semenjak itu kenalah dengan HL,alhamdulilah dengan adanya HL sangat membantu penglihatan ku. Kepengennya sih bisa normal lagi ๐Ÿ˜ข.O iya untuk minus yg sudah sangat tinggi sekali disatukan periksa rutin rutin matanya minimal 6 bulan sekali, krn retina menipis bahkan bisa sampai sobek ( bisa menimbulkan kedutaan), antisipasi untuk mencegah semakin menipisnya retina dan terjadinya sobek yaitu dengan di laser, makanya cek retina secara rutin 6 bulan sekali sangat dianjurkan..ini pengalaman pribadi aku selama puluhan tahun, sekedar berbagi pengalaman smoga bermanfaat ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Hi Lidy.. wah iya nih aku jg ud bertaun2 ga pernah cek mata.. jadi serem.. hehe.. anyway thanks untuk remindernya.. smoga mata kita semua sehat dan baik2 saja ya..

Hi Lidy, salam kenal^^ Aku juga sama kayak kamu minusnya udah tinggi banget.
Aku juga pesan HL di JEC baru tanggal 19 Maret kemarin, dan sekarang lagi nunggu selesai dibuat.
Oiya aku mau tanya, kamu dulu buat HLnya sampai berapa lama? Kok aku kata mbaknya sampe 2,5 bulan ya jadinya.

Halo fanny..thanks utk artikelnya. Saya baru hari ini pake hardlens..well..so far ciri2 awal persis sama, skrg masalahnya, i can’t take off my hardlens. Kebetulan sy dari luar jawa, so kemaren diajarin bentar dipikir sdh bisa. Help me how? Sy pake pipet. But can’t work. Nggak bisa copot.

Hi Petra.. coba kelip2in mata di dalam air atau ‘cungkil’ hardlensenya pakai jari tapi harus hati2 sih.. cara lain tarik dengan jari kelopak atas mata ke atas dan kelopak bawah mata ke bawah sampai mata agak melotot terus lirik ke sudut mata luar atau dalam. Semoga bisa ya.. duh..

haii fanny, aku br 2 hari pake hardlens dan di 2 hari ini aku g nyaman banget.. jd tuh setiap ngeliat k arah mana hardlens nya jd lambat gt ngikutin bola mata nyaa trs jg ky ketusuk2 dan perih gt tiba2, trs jg sampe d bawah bola mata aku itu kyy jd merah gituu krn perih kali ya apakah itu normal?

Hi.. dulu memang ga nyaman banget sih.. kayak sakit gitu tp kayaknya ga sampe merah.. kalo terus berlanjut coba cek aja y ke dokternya.. jia you..

mba udh 2 bulan pakai hl? skrg ms perih engga? ms merah engga?

Hi.. aku ud taunan sih pake HL jd ud biasa and ga merah..

aku mau tanya. Kan baru kemarin hard lensku jadi, aku pesan di JEC disuruh beli pembersih yg merk meni care, tetes mata rohto, sama satu lagi saline NaCl gitu yg sering dipakai buat infus. Yg mau aku tanyakan cara ngebuka tutup salinenya itu bagaimana ya?
Oiya terus kalo pakai hard lensnya ga pas di bola mata cara ngatasinya gimana?

Hi.. yg laen mungkin bs bantu? Aku ga pake itu soalnya.. kalo ga pas di bola mata bisa sih digeser pake jari gitu pelan2 dr buletannya.

Kak Fanny, boleh aku minta nomor kontaknya? WA mungkin atau BBM? Mau tanya2 soal hard lense nih, ku masih pemula soalnya hehe:D

Iya kak fany kalo HLnya itu kadang geser2 ke atas or kebawah itu, kira2 kenapa ya kak?

Oiya ci Fanny ini kontakku. Boleh tolong diadd ??
WA : 08990005725
pin : D017F16C
Thankuuuu^^

Ka aku mau tanya deh, pas adaptasi hari pertama itu kan aku udh pake selama 1 jam, terus istirahat 1jam, lalu stlh istirahat pake lagi sejam, nah pas 1 jam pertama itu HLnya tetep di bola mata, nah pas 1 jam kedua itu HLnya ga netep di bola mata, kadang ke atas kadang turun kebawah.. Itu kenapa ya ka kira-kira?

Terimakasi

Kak aku mau tanya, pas adapatasi hari pertama itu kan pake 1 jam lalu istirahat satu jam nah lalu dipake lg kan satu jam, nah pas 1jam pertama itu pas di bola mata ka HLnya, nah pas 1jam kedua itu HLnya ga pas di bola mata ka kaya naik ke atas sama kebawah, itu kenapa ya ka kira-kira?

Thanks

Hi.. itu emang sering terjadi sih.. jd hardlense kayak gerak2 ya.. kayaknya emang gitu si di masa adaptasi.. mata kayak masih asing gitu sama benda yg dimasukkin ke dalam ini.. lama2 mestinya nggak lagi krn mata belajar ‘memegang’ hardlense

halo Fanny, salam kenal..senengnya bisa nemu blog ini. saya juga pemakai HL dari 4 tahun yang lalu. meskipun harus berakit rakit ke hulu yaa pertama pakainya. hahaha. tapi sekarang nyaman banget. mungkin asyik kalo dibikin komunitas pemakai HL ni ya, biar bisa gampang sharing pengalamannya. apalagi rata-rata minus tinggi kan ya, saya sendiri minus 13..hiks. biar bisa berbagi tips perawatan mata, perawatan HL, dst dst..
Fanny, boleh minta nomer hp yang bisa dihubungi?kirim via email ya ke yustinaresandi@gmail.com. makasih banyaak

Hehe iya mungkin perlu dibuat forumnya yah :p

Halo sis! Makasih utk infonya! Saya baru pake hard lens nih hari ke dua, nah pas saya pake yg kanan itu agak burem sedangkan kiri itu jelas. Saya pikir mungkin ketuker kali, trus saya tuker tuh, malah makin gajelas haha trus akhirnya saya balikin lagi. Itu normal ga sih yg kanannya agak burem gitu? Dan apa ada efek klo saya tadi tuker sebentar?

Hiii.. err mestinya sih ga efek ya kalo coba tuker gitu bentar.. biasanya hardlense dua2nya burem sih di awal.. saran saya coba sekitar semingguan kalo yg kanan ms terus burem mungkin bisa coba consult lg.. jia you!

Ci fanny. Aku kan minus 5 yaa. Aku tuh mulai kuliah ini pake softlens dulu aku pake kacamata rasanya berat banget. Tapi aku udah rada nyaman pake softlens cuma yaa pengennya sih minusnya turun yaa huhuhu. Btw, aku tertarik baca blog cici pake hardlens udah lumayan lama yah? Aku pengen pake cuma perawatannya rbet banget ya ci? Oh iya terus kalau pake hardlens terus menerus bisa ngurangin minus gak sih? Terus cici udah ngerasa minusnya turun ga?
Oh iyaa aku mau nanya2 dong cici add wa aku yaa 081574740434. Aku mau nanya2 seputar hardlens hehe. Makasih ci…

Hi Nabyla.. errr aku sih ga ngerasa minus aku turun. Haha.. mungkin saking ud dalemnya x ya.. perawatan ga susah sih. Sabun and conditioning aja and rajin bersihin tempat hardlensenya aja. Pling adaptasinya yg agak tough.. kalo mau jangka panjang hard lense ok sih untuk dipake..

Halo kak Fanny, aku juga pemakai Hard Lenses sejak 2 tahun lalu. Tapi aku nakal nih… ngga suka pake, karena memang adaptasinya yg susah bgt ampun2. Apalagi ngga tau kenapa hardlenses aku yg kiri sensitif bgt pasti ada aja debu yg masuk dan bikin ga nyaman sampe berlinang air mata. Dan yaaah masih menyipit sampai sekarang nih kalau lagi pakai. Memang sih bisa ngeliat dengan jelas, karena minus aku tinggi 10.5 dan 9.5 dengan silinder 2.75๐Ÿ˜ฆ dan gabisa di lasik juga karena kornea aku yg tipisnya kurang 2mm dari standart minimal kornea yg bisa dilasik, intinya segala cara udah di coba deh…. dan ada lah Hard Lenses ini. Aku buat Hard Lenses ini di JEC dan dari dokter seinget aku bilang masa pakainya cuma 5 tahun… aku kaget kalo kak Fanny ternyata bisa pakai hingga 15 tahun.

Sekedar sharing pengalaman pemakai Hard Lenses dan penderita mata dengan minus tinggi yg ngga bisa dilasik hehehe

Haha senasib.. toss!! Waduh 5 taun ya.. jangan2 aku yg kelamaan pakenya? Hiiiy…

Salam Kenal Mba, senang banget bisa dapat informasi dari tulisan mba dan dari diskusi2 yang ada diblog ini, aku juga punya minus yang judah tinge banget, selain itu aku memiliki mata yg sensitiv dan dry eye, sehingga agar sushi menggunakan softens karena sering iritasi, dennen kondisi tersebut bisa gak aku menggunakan hardlense. Makasi atas sharingnya Mba. Bisa minta kontaknya buat sharing lebih lanjut, makasih mba.

Selamat Pagi Mba, Maaf saya ingin memberitahu untuk Inned Bandung masih buka, tempatnya ga jauh dari tempat yg lama.. sekarang di Jl. Arjuna No 89 no telp 022 6015079, di info google jg sudah saya ganti no telp dan alamatnya.. smoga bermanfaat

Wah thank you infonya Pak..

haloo kak, kalo hardlens itu harus dicopot tiap hari atau ngga? boleh dipake tidur atau ngga?

Harus dcopot tiap hari.. tidur siang si gpp kalo tidur malem dicopot aja

hai kak fanny yg baik hati salam kenal namaku lia๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰
dan ak terbantu sekali dg nemuin tulisan kakak ini,krna sbg newbie pke hardlens ak mau nanya kak..ini kan hari pertama aku pake hard lens..tp knp stelah ak pake kok malah jd burem dan gak fokus gt ya..apa krn mmg masih butuh penyesuaian jd begitu ya kak..soalnya ak takutnya salah fitting minusnya.oya kak aku jg mau nanya dlu kakak minus 20 pke hardlensnya minus brapa?sblmnya makasi kakak ud mau baca pertanyaasnku ini ya…dan aku jg sneng bgt kalo kakak mau bales.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Hi Lia.. salam kenal.. iya Lia memang awalnya burem dan ga fokus.. aku jg dulu sampe stress haha.. tp lama2 akan adjust kok๐Ÿ™‚ Jia you!

Pake HL nya kayake dulu minis 13 atau 14 an gitu d.. tp mungkin itu krn dulu minusku belum sampe 20 an x ya.. lupa jg.. tp yg pasti minus hardlense nya dibikin ga sama dgn minus mata, diturunin spy mata ga pusing

Mbak fani mau tanya dong, saya juga pengguna hardlens udah sekitar 1,5 taunan. Pesennya sama kayak mbak fani di inned. Mau tanya biasanya mba fani bersiin lensa kontaknya tiap berapa bulan sekali. Makasiih salam hardlens hehehe

Hi anggi.. kalo bersihin sehari2 sih tiap hari. Maksudnya sebelum and sesudah pake. Kalo maintenance jujur saya jarang bgt udah tahunan ga pernah bersihin krn di Bandung males perginya hehe.. jgn ditiru ya. Kalo bersihin mungkin 1 tahun skali ya biar terawat

hi ci aku pengguna softlens nih, dan agak tertarik buat nyoba hardlens tp takut karna katanya pas awal2 adjustnya itu mata sakit kayak ketusuk bisa sampe sebulanan gt ya?
meskipun ud biasa pake softlens, pake hardlens pun ttep hrs adaptasi perih sakitnya gt yah ci?
thanks in advance๐Ÿ™‚

Hi Jane.. iya harus adaptasi lg krn soft and hardlense beda banget. Memang lmyn tough sih adaptasinya tp hardlense lebi bisa dipake jangka panjang ya

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere ๐ŸŒฒ
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ง๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ฑ
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! ๐ŸŠ๐ŸŠ๐ŸŠ
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi ๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee ๐Ÿ˜

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee ๐Ÿ˜

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah ๐ŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode โค๐Ÿ‘ชโค 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue ๐Ÿ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan ๐Ÿ“ท : @lieta73 ๐Ÿ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake ๐Ÿฐ

A cake ๐ŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? ๐Ÿ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,710 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

June 2013
M T W T F S S
« May   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

