Fanny Wiriaatmadja

My Purse Journey

Posted on: June 27, 2013

???????????????????????????????

Salah satu makhluk paling sial di muka bumi mungkin dompet gw.

Sama seperti scene ketika seorang bayi ‘diutus’ dan dikirim dari Surga untuk hidup dalam rahim seorang Ibu, mungkin di arena penciptaan makhluk tak bernyawa, ketika sebuah dompet di-assign / ditakdirkan menjadi milik gw melalui suatu pembelian, dompet-dompet itu akan memekik sedih dalam kenelangsaan, karena mengetahui reputasi gw sebagai…… sebagai….. (silent) p-e-n-g-h-i-l-a-n-g d-o-m-p-e-t.

Yup, itulah gw..

Kali pertama kehilangan dompet adalah waktu turun dari mobil mantan pacar (masa kuliah tingkat awal). Sampe rumah baru nyadar kalo dompet udah hilang, dan begonya itu adalah semingguan setelah gw kehilangan HP, setelah turun dari mobil yang sama, dari mantan pacar yang sama juga.. Ihh.. Langsung deh ada tuduhan tak tertulis dan kecurigaan mengendap perlahan di benak keluarga gw (keluarga gw loh, BUKAN gw *defense) terhadap si mantan pacar. Gw sendiri sih tentu percaya lah, ga mungkin doi macem-macem alias klepto gitu. Lagian dompet dan HP gw juga secara fisik dan mental ga menarik kok, apalagi isi dompetnya. So gw yakin ini semua pure adalah kecerobohan gadis o’on ini.

Kedua kali yang terjadi adalah (masih pas jaman gw kuliah tingkat akhir) gw turun dari mikrolet, habis ngelesin (gini-gini gw guru privat loh pas kuliah). Waktu itu sore-sore, dan ujan mulai rintik-rintik sebelum akhirnya mulai lebat. Sampe’ rumah seperti biasa baru nyadar lagi kalo dompet hilang. Langsung lemes lagi, panik lagi, duduk beku di ranjang. Untuk otak masih mau muter untuk mikir dan menduga, kira-kira ni dompet hilang di mana dan spot tempat gw turun dari mikrolet tadi adalah tertuduh utama. Langsung deh malem-malem dalam keadaan ujan-ujan, gw nyebrang jalan dan nyusurin sepanjang jalan tempat gw turun tadi. Scenenya bagus dan mirip telenovela India. Semua supporting scene nyaris lengkap, mulai dari artisnya (akyuh dong!), hujan, tragedi & kesedihan merebak dalam proses pencarian dompet (*anggap dompet sebagai kekasih). NAH! Back to the topic, setelah bungkuk-bungkuk sana sini nyariin dompet, akhirnya beneran ketemu lohh!! Ajaib banget! Mungkin karena waktu itu ujan dan malam, gelap dan becek, orang-orang ga ada yang aware kalo’ ada dompet cantik nongkrong nyantai di pinggir jalan. Fiuh.. Kali itu gw selamat dan dompet kembali ke pangkuan ibu tercinta.

Ketiga : Sekitar tahun lalu. Dompet dicopet di bus. Pas mau turun bus, gw berasa ada yang dorong gw dengan keras. Sebenernya di otak udah nyantel modus-modus pencopetan di bus dimana salah satunya adalah korban akan didorong keras saat pencopetan terjadi, untuk mengalihkan perhatian korban dan membuat korban tidak aware akan sentuhan-sentuhan si pencopet yang sedang merogoh tasnya, cuma saja pada praktiknya di lapangan kan gw sebagai korban beneran ga kepikir tentang semua teori itu. Pas turun baru ‘ngeh’ dan langsung liat tas yang gw kepit di ketiak, dan risletingnya sudah terbuka. OMG, dompetnya udah hilang. Duh, waktu itu kayaknya lemesnya ga tertandingi deh. Sampe langsung pucet dan gatau harus gimana. Langsung kontak sana-sini ke bank mana-mana untuk ngeblokir ini-itu. Sakit atinya luar biasa deh.

Keempat : Tas dicopet (tahun lalu juga). Lagi jalan tenang-tenang, langsung si pengendara motor biadab itu lewat dengan cepat dan nyamber tas itu. OMG lagi.. Seisi tas ilang lenyap termasuk (again) dompet. Ini udah mulai ga lemes. Kayaknya gw udah mulai terbiasa deh, jadi bisa lebih tenang, lebih sigap, lebih cepat untuk langsung aksi blokir sana-sini dan ngabarin keluarga. Ini mungkin yang terparah sih. Plus di dalam dompet ada foto bokap. Nyesek aja karena foto itu hilang, dan pasti akan dibuang sama penjambretnya. Ga rela rasanya.

Kelima : Turun dari taxi, kelaperan dan ngebet makan Kwetiau Aciap. Makan deh, slurppp.. Pas mau bayar, baru ngeh dompet hilang. Langsung gatau mau ngomong apa ke mbak kasirnya selain, “Mbak, Mbak, dompet saya ilang. Ngutang dulu deh..” Duh! Langsung telepon Blue Bird (sialnya ga inget nomor taxinya), plus usaha juga cari-cari tuh dompet di depan Kwetiau Aciap, barangkali tuh dompet jatuh di sana walaupun kemungkinan kalo’ pun jatuh, pasti udah diambil orang karena tempatnya cukup terang benderang. Dompet pink kesayangan gw pasti cukup genjreng untuk narik perhatian orang. Hasil pencarian sia-sia. Sampe rumah gw masih terus kontak si Blue Bird (dan bank-bank lain untuk melakukan blokir seperti biasa), dan hasilnya nihil. Berharap tuh dompet beneran jatuh di taxi dan barangkali ditemuin sama supir taxi atau penumpang berikutnya yang masih punya hati lurus. Jam 9.30-an malam, HP gw bunyi dan impian gw terkabul. Seorang penumpang nemuin tuh dompet di dalam taxi, dan sekarang dia mau balikkin ke gw! Fiuh, leganya, kali ini selamat lagi. BNI mungkin sampe hafal gw kali : Ni ibu kayaknya demen langganan blokir kartu kredit ya? Lesson to learn : Selalu catet nomor taximu apapun yang terjadi, semalas apapun kamu! Ini kudu, harus, mesti, banget. Kedua, sebelum turun SELALU cek isi tas, lantai dan bangku taxi, kali aja ada yang ketinggalan. Jangan pernah nyepelein kedua prosedur standard ini! Saat bener-bener kejadian, baru kita nyesel dan berharap waktu bisa berputar kembali. Ketiga, jangan jadi orang bodoh dan selebor kayak gw.

Selesai. Itulah nasib-nasib dompet gw. Semoga bin semoga, nasib dompet yang sekarang dan berikutnya lebih baik dan lebih diperhatikan *langsung berjanji akan menyayangi dan menjaga dompet dengan lebih hati-hat *hug dompet.

Tags:

Leave a comment

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,713 other subscribers

Memories in Picture - IG @fannywa8

No Instagram images were found.

Blog Stats

  • 594,600 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

June 2013
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Jia Effendie

Editor, Translator, Author

Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Akar Pikiran Besar Mengawali dan Mengawal Evolusi Besar

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Sastra Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain's Personal Blog

Introducing the Monster Inside My Mind

Sindy is My Name

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Maisya

My Thought in Words and Images

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

nurun ala

menari dalam sunyi

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

https://silly-us.tumblr.com/

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

amrazing007 tumblr post

Introducing the Monster Inside My Mind

The Naked Traveler

Journey Redefined

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind