Fanny Wiriaatmadja

Serba-Serbi Travelling

Posted on: June 21, 2013

Serba-serbi travelling ala saya :

1. Kalo kemana-mana (baca : ikutan tour) saya selalu bawa Mama buat nemenin saya. Sejujurnya bukan karena saya anak yang berbakti sih secara Mama juga bayar sendiri atau dibayarin cici dan belum pernah ngerasain dibayarin jalan-jalan pake duit saya (saya aja bayarin diri sendiri kudu nabung mati-matian sampe mau beli Old Chang Kee aja mikir 8x). Bukan juga karena saya takut sih secara toh perginya rame-rame satu rombongan. Juga bukan karena saya kesepian dan butuh temen, karena saya toh aslinya emang demen-demen aja sendirian nyepi-nyepi gitu asyik masyuk sama pikiran sendiri. Jadi kenapa dong? Ya simple aja sih, karena kalo paket single lebih mahal daripada paket twin. Bedanya bisa 200-300 dollar, so pilihan apalagi yang saya punya selain memboyong Mama dan membuat para peserta tour lain berkaca-kaca dan menganugerahi saya gelar anak yang berbakti nemenin orang tua jalan-jalan padahal mereka super sok tau dan emang kaga tau alesan sebenernya dan saya juga kaga pernah cerita-cerita alesannya? Nah kenapa yang diboyong Mama? Simple juga sih : Karena Papa udah ga ada (kalo ada pasti dia orang pertama yang akan saya ajak plus beneran, akan saya bayarin biarpun duit saya tinggal seserpih, kalo bisa ngutang sama temen deket, sama boss, sama anjing saya juga kalo memungkinkan – pokoknya I’ll do my best for him), kemudian karena cici-cici dan sepupu-sepupu ud pada married semua dan punya anak dan selalu beralasan anak dan suami kaga bisa ditinggal padahal berani taruhan, anak dan suami mereka pasti merestui secara sekali-kali para anak dan suami pasti pingin juga hidup tenang di rumah bebas ocehan istri//emak, dan ketiga karena teman-teman selalu bilang “ga punya duit” kalo diajakkin, berakibat saya jadi males buka mulut ngajak-ngajak mereka, blum lagi nerima ‘tuduhan’ basi bahwa saya banyak duit dan orang kaya. Ihh emangnya ga pernah kenal kata nabung ya? Secara saya pulang pergi naik bus dan makan siang biasanya bawa bekal, wajar dong kalo saya bisa nabung?

??????????????????????

2. Kalo naik pesawat jujur saya agak tersiksa. Bukan karena takut atau pegel atau apapun, tapi karena ga tahan perut kegelian akibat turbulence yang menyebabkan pesawat turun-turun secara mendadak. Saya bisa keringet dingin saking gelinya nih perut. Orang yang ngeliat sampe menghibur, “udah ga usah ketakutan..” padahal mereka kagatau, saya bukan ketakutan tapi kegelian.. Berharap nih perut bisa diajak kooperatif tapi sepertinya mustahil. Naik motor ngebut aja saya bisa terbungkuk-bungkuk meringkuk kegelian, apalagi naik pesawat yang ‘turunnya’ pas turbulence aji gile.

3. Saya rada ribet soal baju, karena saya paling anti pake baju dua kali, biarpun masih bersih dan biarpun cuaca di suatu negara/tempat dingin dan sebenernya kita ga keringetan. Jadi saya selalu bawa satu sel pakaian setiap harinya biarpun jadinya berat banget. Plus saya lumayan perfeksionis, jadi pasti maunya pake baju yang bagus, lengkap dengan aksesorinya, dan matching mulai dari atas sampe bawah alias mulai dari topi sampe sepatu, dan tiap hari baju harus disesuain sama objek wisatanya. Misal kalo ke Disneyland karena pasti banyak angin, sebisa mungkin saya ga pake rok-rok atau kalopun pake rok, saya pasti pake celana ketat lagi di lapisan dalamnya. Kalau hari itu banyak objek wisata yang dikunjungin yang notabene akan banyak sesi foto, saya pake baju yang warnanya agak-agak cerah dan genjreng supaya eye-catching di depan kamera. Kalo pergi ke tempat outdoor yang kayaknya panas, saya pake bajunya yang tipis dan adem. Kalo perginya di hari dimana rutenya banyakan di bus/buat jalan, saya pake bajunya yang ga bagus-bagus banget. Dan lain sebagainya. Pokoknya untuk mikirin baju aja saya bisa habis berhari-hari sampe kebawa tidur, dan gelonya kadang bisa sampe beli baju baru demi supaya bagus di foto.
Fotografer

4. Saya suka ribet (lagi) soal kamera karena kalo jalan-jalan, di satu sisi saya mau enjoyin tempatnya de-el-el, tapi di satu sisi selalu ga tahan juga untuk foto-foto dan mengabadikan semuanya, belum lagi kalo’ foto saya selalu dua kali jepret kamera : Pertama Fanny+objek, kedua objeknya doang (buat ditaruh di Instagram). Jadinya saya suka kayak orang hiperaktif gerak sana-sini untuk menikmati objek wisata sekaligus untuk moto-moto dengan ngebut. Belum lagi kalo didaulat jadi juru foto buat peserta tour lain. Pokoknya faktor speed penting banget deh buat saya selama perjalanan tour karena harus multitasking demi memuaskan semua keinginan. Ngomong-ngomong soal foto, waktu ke Taiwan saya selalu diminta fotoin orang-orang lho karena mereka bilang hasil foto saya selalu bagus-bagus dengan angle yang unik (aiiiihhh..). Antara seneng dan sebel juga sih, karena saya kan juga pengen difotoooooo (*cucuran air mata dan ingus kental). Ngomong-ngomong soal foto, saya juga paliiiing sebel kalo orang motoin saya asal-asalan alias jadinya jelek banget. Mama saya kan juga kaga bisa moto ya, jadi mau ga mau saya harus tergantung sama orang lain untuk motoin. Kadang objeknya atap gerejanya bagus banget, eh fotonya malah cuma sayanya yang gede dan atap gerejanya ga keambil sama sekali, padahal tuh landmark justru memang unik di atapnya. Aduh bisa emosi sampe pingin jambak bulu kaki deh kalo begitu, apalagi kalo nyadarnya pas kita udah meninggalkan tempat itu dan jelas kaga bisa balik lagi. Duh nyeseknya sampe kayak asma ditambah batuk rejan. Triknya biasanya abis satu orang fotoin saya, saya langsung cek dulu hasil fotonya. Kalo bagus, next -next-nya saya selalu minta dia lagi yang motoin, ahahaha.. Pokoknya ud hunting target duluan untuk menemukan siapa pemoto terbaik.

5. Saya suka kagum sama peserta tour yang mungkin tajir banget kali ya sampe bisa bawa-bawa pembantu de-el-el. Waktu cici saya ke Eropa, ada satu keluarga yang bawa tiga anak kecil, dan believe it or not, tiga-tiganya punya babysitter sendiri-sendiri alias total tiga babysitter (* mimisan) dan semuanya ikut, belum lagi itu lagi musim winter dan semua babysitternya pake long john, coat, de-el-el lengkap dengan topi dan aksesorinya. OMG.. coat mereka malah lebih bagus dan lebih mahal kali daripada punya cici saya hihihih.. Ajaib banget ya.. itu satu orang aja tournya bisa habis USD 2,700-an.. Bayangin deh biaya buat papa+mama+tiga anak+tiga babysitter, OMG.. Itu duit numbuh dari pantat sepertinya, mengerikan.. Pada bilang “hoki amat nih babysitters..” hihihih.. Bener juga sih ya, tapi saya sih tetep aja kaga mau jadi babysitter biarpun bisa keliling dunia ikut majikannya ke mana-mana.

Passport

6. Kalo hunting negara tujuan, biasanya saya suka ga peduli negaranya kira-kira bagus atau nggak, yang penting nambah-nambahin cap passport aja buat koleksi, hihhihi.. Kayak ke Korea, sebenernya jujur saya mah kaga gitu tertarik ke sana, apalagi ke Taiwan. Tapi sekedar buat nambahin jumlah negara dan jumlah cap di passport, akhirnya dijabanin juga deh, dan bener aja sih emang at the end saya tetep aja kaga suka sama negaranya. Hanya demi ‘seserpih’ cap dan visa di passport, pathetic juga ya..

Aqua

7. Kalo pergi liburan, saya kan agak parno ya orangnya, jadi pasti saya bawa Aqua duluan berbotol-botol (biasanya bisa 4-5 botol Aqua gede) dan mama saya juga, so total bisa 8-10 botol. Soalnya saya biasa minum banyak, dan kayake ga kebayang deh kalo ikutan tour dan saya kekurangan minum plus cari minum di negara orang kan ga segampang di negeri sendiri, belum lagi harganya. Jadi yah itulah walaupun koper jadi beratnya kayak brankas, saya tetep bela-belain deh demi kelancaran BAB dan supaya bibir ga kering. Kadang ga semua tour juga menyediakan air di bus tiap harinya, so jaga-jaga ga ada salahnya. Biasanya Aquanya saya taruh di kantung plastik trus saya lilit-lilit pake kain supaya kalo kopernya terguncang-guncang, Aquanya ga pecah dan ngebasahin seisi koper.

8. Saya orang yang demen nyimpan kenangan, jadi mulai dari tiket pesawat dan semua tiket objek wisata yang saya kunjungin, saya pasti simpen. Sampe sekarang saya punya satu album untuk nyimpen semua barang-barang perintilan itu. Seneng banget sesekali ngeliat dan ngenang semua perjalanan liburan itu. Plus pernah juga saya nyuri kunci kamar hotel buat kenang-kenangan.

Tour Leader

9. Yang namanya tour pasti banyak tour leader atau local guidenya dan tentu saja karakternya macem-macem. Saya pernah ketemu satu orang local guide yang swear pasifnya bukan kepalang. Janji ketemu jam 6 sore, pas udah jam 6,20 dan peserta masih belum kumpul, dia malah asyik BBan de-el-el, sampe saya yang gregetan dan akhirnya nyariin peserta yang ngaret itu. Ih saya sampe pengen mempraktikkan ilmu recruitment saya ke tour-tour agency ini supaya bisa milih local guide yang bagus dan sigap. Sesekalinya pernah juga ketemu tour leader yang selebor yang ninggalin semua passport peserta di hotel, sampe kami semua kudu balik lagi ke hotel itu. Ada juga tour leader yang perhatian banget yang sampe bela-belain beli kue ultah pake duit sendiri pas ada salah satu peserta yang ultah. Ada juga yang cuek bebek, begitu pesawat masuk bukannya menggiring para peserta tour, malah masuk duluan pertama kali cepet-cepet. Ada juga yang suka mepetin peserta-peserta tour yang keliatan orang kaya supaya (mungkin) dapet tips gede, dan yang terparah adalah waktu ada local guide yang ngambek sama peserta gara-gara peserta ga jadi beli lukisan/sprei yang harganya belasan juta, yang berakibat melayanglah komisi si local guide di tempat itu.. Haha macem-macem deh, demen juga sesekali ngamatin mereka.

10. Hobby saya kan memang jalan-jalan ya, dan keluarga saya selalu ngomel karena saya selalu ngabisin duit saya buat jalan-jalan, hal yang menurut mereka ‘ga gitu guna’ dan ga menghasilkan. Bener juga sih, akan beda hasilnya kalo duit saya saya pake buat invest rumah, mobil, ataupun yang lain. Cuma ya susah ya, namanya udah gemar, suka, hobby, demen, doyan, seneng, suka, sama travelling. Yah pasti duitnya abis ke situ. Memang sih ga ada ‘hasilnya’ tapi at least itu buat hati saya bahagia dan puas biarpun hanya beberapa hari dan serasa hanya sekejap. Buat saya memorinya sangat berarti, dan sebanding dengan duit yang saya keluarkan. Kalo orang lain mungkin akan spend more untuk tas, baju ataupun sejenis itu, menurut saya wajar kalo’ orang kayak saya spend more di travelling, as people are different, right?

Anyway apapun piece of cake of mine as above, just wanna say “Happy Travelling”!!

6 Responses to "Serba-Serbi Travelling"

Ahhh β™₯ ur column. Sampe ngakak2 bacanya. Tp gw gak setuju ama pandangan orang ttg travel gak guna. Luckily born d family gila travel, mnrt gw travel itu bs gain new knowledge, new experience. And plg penting buat gw adalah “membuka mata”. Kita bs tahu hal2 unik yg gak ada d tempat kita tinggal. Kenapa kita mesti sama orang lain? Gw juga a damn proud girl dare to be different ahahaha. Ganbatte ne!

Setujuuuu.. Wkwkwk.. Ga sabar mau jalan2 lageeeeh…

Fanny..biasany pke tour apa?

Ikaaaa apa kabarmuuuu..
Biasanya gw demen nyobain tour2 baru sih Ka.. Yang ud pernah pake sih cuma Avia, Panorama, Golden Rama, Shilla Tour. So far sih OK2 aja yaπŸ˜€

Ada rencana mei ini ke eropa ga bareng yukz…lg cari barengan nih…n karakter qt sama..pasti klop dech…

Haha belum ada rencana di MeiπŸ˜€ Moga-moga April nih..

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak πŸ„πŸ΄πŸ½ #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo πŸ˜‚

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini πŸ˜²πŸ˜πŸ˜–πŸ˜• Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung πŸ˜…

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu πŸ˜„ #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❀😢😢😢❀ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee πŸ³πŸ‹πŸ¬πŸŸπŸ πŸ‘ #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar πŸ·πŸ–πŸ½ #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😢😢😢 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling πŸŒ™πŸŒ›πŸŒœβ˜β­ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork πŸ·πŸ–πŸ½ #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

June 2013
M T W T F S S
« May   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

