Fanny Wiriaatmadja

Fitur Lacak/Tracking XL

Posted on: May 27, 2013


wpid-search_engine_optimization

Buat kamu para pemakai provider XL, XL menyediakan fitur untuk melacak lokasi temanmu yang digenerate berdasarkan sinyal telepon. Tidak diperlukan GPS untuk melacak posisi ini karena XL memanfaatkan sinyal yang dihasilkan dari handphone kita, yang dipancarkan lewat BTS2 something itu

Setau gw, fitur ini hanya bisa digunakan untuk melacak sesama nomor XL saja dan telepon yang dilacak harus dalam keadaan menyala.

Caranya adalah :

1. Masuk ke *123*571# (bisa juga langsung ke *123*573#)

2. Pilih “Lacak Teman”

3. Setelah fitur aktif, ketik “CARI (no hp)” dan kirim ke 9455

4. Setelah mengetik ini, XL akan mengirimkan SMS notifikasi ke nomor yang hendak dilacak tadi untuk meminta konfimasi / approval (hanya 1x saja yaitu di saat pertama kali)

5. Setelah no. yang dilacak ini memberikan konfirmasi, akan aktiflah fitur ini

6. Setiap kali hendak melacak, ketik “CARI (no hp)” dan kirim ke 9455. XL tidak akan mengirimkan request approval lagi

7. XL akan langsung mengirimkan SMS pemberitahuan lokasi no. yang hendak dilacak berikut link petanya. Lokasi yang diberikan ga detail dan 100 % akurat, tapi lebih ke daerah mana; misal daerah Tamansari, daerah Kota, dll.

Lacak

Cara lain adalah masuk melalui web http://cari.indolbs.com lewat HP kita, dan tinggal mengikuti petunjuk pendaftaran saja

Untuk melihat status nomor kita, melalui web tsb. kita juga bisa mengetahui lebih lengkap lagi mengenai data melalui Menu Manajemen Teman :

1. List no. yang kita lacak

2. List no. yang melacak kita

lacak2

Untuk no. 2 di atas, kita jadi bisa tahu lho, siapa aja ternyata yang melacak nomor kita. Ga usah kuatir dan ‘kesal’, kita bisa langsung block nomor tsb. sehingga dia tidak bisa melacak kita lagi. Button untuk mem-block maupun un-block ada di samping list no. tsb. Untuk fitur block/unblock ini juga dikenakan biaya.

Untuk biaya, XL menyediakan berbagai jenis paket. Bisa bulanan, mingguan dan harian, tinggal dipilih saja. Tarifnya ribuan sampai belasan ribu rupiah saja.

Moral of the story :

1. Fitur ini bisa jadi plus dan minus bagi kita; bisa menguntungkan sekaligus merugikan. Hati-hati kalau teman/pacar kita suka pegang-pegang HP kita, siapatau ternyata dia menggunakan HP kita untuik mem-approve request lacak dari dia, sehingga akhirnya dimanapun kita berada, dia bisa melacak kita. Tentu saja seperti yang disebutkan, hal ini bisa jadi positif, bisa jadi negatif. Positifnya bisa dijadikan tool untuk menjaga keamanan pacar, sanak saudara atau teman. Negatifnya, bisa dijadikan ajang berantem buat pasangan yang saling tidak setiaπŸ™‚

Untuk lebih safe u/ privacy kita, cara ngeceknya ya seperti yang tadi gw mention : tinggal masuk web dan liat, nomor mana aja yang melacak kita. Kalau ga suka, tinggal block aja.

2. Untuk XL sendiri, gw gatau apakah perlu ada ‘second gate’ untuk mencegah orang menyalahgunakan fitur ini. Misal, apakah setiap kali mau track, approval harus diberikan; jadi tidak hanya di saat pertama kali. Ini sih sekedar u/ pencegahan saja supaya fitur Track ini memang digunakan dengan persetujuan kedua belah pihak dan tidak dengan diam-diam.

3. Berhati-hatilah kalo ada orang yang suka pegang-pegang dan ketak-ketik ini itu di HP mu. Jangan sembarangan berikan HP mu u/ dipegang oleh orang lain, termasuk (kadang) orang terdekat. Kalo memang dia berniat baik, dia akan ngomong terus terang dan menjelaskan cara kerja fitur ini dan minta baik-baik, bukan dengan diam-diam untuk menjebak kita atau memuaskan rasa ingin tahunya.

Selain fitur lacak, XL juga punya fitur yang lebih ‘menyeramkan’ yakni copy SMS.. mirip cara kerjanya seperti Lacak, kita tinggal masuk ke *123*571# dan pilih “Copy SMS”. Untuk pertama kalinya setelah mengaktifkan fitur ini, kita harus masukkan nomor yang hendak kita tuju untuk dicopykan SMSnya. Jadi hati-hati kalau pacar/teman mulai pegang-pegang HP kita. Siapatau Ybs. sedang melakukan setting untuk mengcopy SMS mu ke HP dia. Ada juga fitur AutoForward, sehingga SMS yang kita terima tidak akan masuk sama sekali ke HP kita melainkan langsung tercopy ke no. HP yang kita daftarkan.

Again, ini semua plus minus. Faktor privacy jelas terganggu kalo’ ada orang yang iseng/berniat ga baik membajak HP kita dan memasukkan fitur copy SMS atau autoforward ini. So kembali lagi ke Moral of The Story, hati-hati dan waspadalah.

8 Responses to "Fitur Lacak/Tracking XL"

Sendme of new posts via email or facebook ; dian.hasan1@facebook.com

this usefull

Numpang tanya dek Fanny.. kalau melacak dgn Indolbs bisa tidak melacak nomor selain XL. terima kasih dan salam kenal..

Hi, setau saya tidak bisa.. hanya untuk XL aja..

Hehehe.. ini dia yg saya cari2.. thanks banget ya udh berbagi.. kl ad yg terbaru dr lacak melacak di shared lagi ya.

makasih kak

sejatinya melacak itu tidak diketahui apalagi harus confirmasi izin dari target hmmm…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by Disney Lafayette 
#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake πŸŽ‚ πŸŽ‚ @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee πŸŽ‚

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart πŸ˜€

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❀πŸ‘ͺ #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak πŸ„πŸ΄πŸ½ #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo πŸ˜‚

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini πŸ˜²πŸ˜πŸ˜–πŸ˜•

Blog Stats

  • 404,862 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

May 2013
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: