Fanny Wiriaatmadja

The Tower vs Flight

Posted on: February 22, 2013

Tower

THE TOWER

Pertama kali gw lihat trailer film ini adalah when I was in the bus on my way from Johor to Singapore. Pertama cukup terbelalak menyaksikan kekerenan filmnya, sebelum akhirnya finding myself surprised bahwa film ini ternyata film Korea.

Karena ceritanya memang menarik dan sepertinya cukup seru dan mencekam, tentu saja I won’t miss this movie..

So sesuai namanya, film ini bercerita tentang gedung kembar pencakar langit di Korea yang akan diresmikan di malam natal yang tidak bersalju, dan bagaimana sebuah helikopter pembawa salju buatan sebagai bagian dari puncak acara peresmiannya, tersangkut di salah satu bagian gedung sebagai akibat dari angin yang kencang malam itu, dan menimbulkan kebakaran hebat yang akhirnya bukan sekedar mengacaukan acara tapi juga mengancam nyawa ribuan orang di gedung yang perlahan namun pasti mulai hancur dan runtuh.

Upaya penyelamatan para korban yang dilakukan oleh beberapa sosok yang heroik serta para pemadam kebakaran adalah point nilai jual utama film ini, termasuk efek-efeknya yang cukup membuat nafas tertahan.

Di awal film saat seremoni peresmian gedung dilakukan, kita akan ikut terbuai dengan kemewahan dan semarak acara yang disajikan. Semuanya buat kita ingin menjadi bagian dari pesta tsb., sebelum akhrnya pesta tsb. diporakporandakan oleh api raksasa yang menyebar cepat.

Banyak sosok yang diperlihatkan dalam film in, karakter ayah dan anak, ibu dan anak, pasangan kekasih, dan masih banyak lagi. Semua bicara soal kasih sayang yang melandasi upaya untuk menyelamatkan orang-orang yang dikasihi. Sayang sosok antagonis dalam film ini sangat typical : seseorang yang egois dan mau selamat sendiri, dan tidak malu-malu menunjukkan sifat egosentrisnya itu. ‘Sayang’ yang lain adalah karena ada beberapa tokoh utama (korban) yang backgroundnya tidak jelas sehingga membuat semuanya terkesan tidak balance, contohnya si wanita hamil yang tidak jelas latar belakangnya, yang tahu-tahu dimunculkan begitu saja di tengah film. Berbeda dengan karakter lain yang cukup jelas motif dan semangat hidup serta kisahnya, tokoh wanita hamil ini serasa hanya jadi tempelan belaka untuk semakin membuat situasi semakin genting dengan kelemahannya sebagai wanita hamil.

Tokoh lain juga cukup typical, seperti direktur yang arogan dan shareholders yang hanya mementingkan profit dan keuntungan. Di sisi lain akting Hana sebagai anak yang ketakutan, histeris dan menyayangi ayahnya serta calon ibu tirinya juga cukup bagus dan menyentuh.

Tower2

Anyway film dengan tema bencana dan penyelamatannya yang heroic tidak pernah mati kan? Demikian juga dengan film ini, dengan segala kelemahannya pun tetap berkesan di hati. Menyaksikan aksi para pemadam kebakaran dengan dilema kehidupan dan karakter uniknya masing-masing pun merupakan sesuatu yang ‘menyegarkan’, sejenis kehidupan yang kita sebagai masyarakat awam ga terlalu ‘aware’ dan tahu.

Di akhir film dipastikan mata akan berkaca-kaca melihat pengorbanan yang dilakukan dan kebahagiaan yang merekah, antara keluarga yang bertemu dan dipertemukan kembali seusai bencana dahsyat itu.

Score : 8,5

 

Flight

FLIGHT

Siapa yang rela lewatin film-film Denzel Washington, yang selalu memberikan jaminan mutu?

Terakhir beraksi di Taking of Pelham 123, sekarang dia kembali menjadi sosok seorang hero di Flight. I wonder, kapan dia memerankan cast lain selain seorang dengan karakter tenang, diam dan introvert. Pingin rasanya melihat Denzel dalam sosok seorang yang konyol, ngocol, dan gila.. pasti akan beda.

Balik ke Flight, tema movienya buat gw pribadi sangat menarik; kapal yang jatuh dan seorang pilot yang alcoholic yang sedang teler pagi itu, yang jadi hero dengan segala upayanya menyelamatkan kapal itu termasuk dengan membalikkan pesawat 180 derajat (which no one can do it, based on the simulation done to several numbers of expert pilot), kemudian sama seperti kondisi pesawat yang dibalikkannya, kondisinya sendiri pun berbalik 180 derajat dalam hitungan hari/minggu dari hero menjadi seorang penjahat, seorang tertuduh dan seorang yang dicela karena dianggap turut andil dalam kejatuhan pesawat akibat kondisinya yang sedang teler.

Akting Washington sendiri menurut gw ya biasa aja, karena terlalu sering sepertinya dia tampil dalam karakter serupa, sehingga ga ada yang special lagi.

Sosok yang mengagumkan buat gw dalam film ini justru si cewek penuntut, dengan kharismanya, keanggunannya dan sedikit arogansinya yang ‘berpendidikan’. Semua penekanan katanya, ucapannya, mimik ekspresinya sangat mendukung karakternya sebagai seorang yang kritis dan keras. I love her!

Saat di pengadilan, cukup ketebak sih bahwa Denzel akan mengakui semua kejahatannya. Yang gw kurang suka adalah endingnya, dimana proses transformasinya dari seseorang yang alcoholic dan pembohong menjadi seseorang yang lebih baik sangat tidak transparan. Rasanya prosesnya terlalu cepat dan kita sebagai penonton ga merasakan dan melihat itu, sayang sekali.

Anyway sama seperti film The Tower, sepertinya sedang ngetrend untuk menampilkan sosok2 jemaat gereja karismatik dengan kefanatikannya. Entah apakah ini part untuk benar-benar mendukung film atau sekedar sentilan/ bahkan sindiran terhadap kaum tsb., tentang cara mereka menghadapi hidup dan segala cobaan. I didn’t get it..

Kesimpulannya, apa dan seperti apapun film ini, Denzel tetap menjadi jaminan untuk kita berkata ‘worth it’ bagi film-filmnya.

Score : 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak πŸ„πŸ΄πŸ½ #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo πŸ˜‚

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini πŸ˜²πŸ˜πŸ˜–πŸ˜• Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung πŸ˜…

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu πŸ˜„ #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❀😢😢😢❀ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee πŸ³πŸ‹πŸ¬πŸŸπŸ πŸ‘ #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar πŸ·πŸ–πŸ½ #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😢😢😢 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling πŸŒ™πŸŒ›πŸŒœβ˜β­ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork πŸ·πŸ–πŸ½ #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

February 2013
M T W T F S S
« Jan   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: