Fanny Wiriaatmadja

Kaitan W (W=mg) dan N in Cycling

Posted on: January 31, 2013

cycling-setup_2

Another intermezzo for today

Sebagai ex anak IPA, ilmu Fisika jelas gw ngerti-ngerti dikitlah (ciye)..
Sebagai penggemar anak kecil, jelas gw seringlah liat keponakan gw belajar naik sepeda.

Kombinasi kedua hal itu ditambahkan dengan katalis rasa ingin tau yang sok besar dan kekepoan, menimbulkan suatu kebingungan ga penting sebagai berikut. Sebenarnya pada saat seseorang belajar naik sepeda sampai dia mahir berkendara, apanya ya yang berubah dari dia? Jangan curiga dan berprasangka buruk dulu terhadap pertanyaan remeh ini.. gw tau jawabannya banyak, antara lain “kepercayadiriannya” dll, tapi again, kembali ke salah satu faktor pencetus pertanyaan ini, mari lihat dari sisi ilmu pengetahuannya.

Terkait dengan gaya gravitasi dan gaya normal, gw jadi berpikir, peralihan apa sih yang berubah dari saat dia belajar bersepeda dengan saat dia sudah mahir? Faktor keseimbangan, sudah pasti sih.. tapi apa yang membuat dia (setelah belajar, jatuh, berdarah, membulatkan tekad, bersepeda lagi, jatuh lagi, menangis, bangkit lagi, pake obat merah plus hansaplast dll) akhirnya bisa mem-balance-kan diri? Jarak apa (again, dalam ilmu fisika) yang berubah antara si N (gaya normal) dan W(berat), atau besaran apa yang berubah, yang didapat dari latihan berulang-ulang tadi, yang menyebabkan akhirnya terjadi keseimbangan?

Semoga orang Fisika bisa mengerti pertanyaan ini dan bisa menjawab, dan orang-orang idealis menghina ya menghinalah..

Penasaraaaaan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,714 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

❀
.
#greenery 
#plants
#green
#airport
#latepost
#spore Botolnya cantik 😍😘
.
#tea
#spore
#milktea
#beverage 
#drink Everyday in my mind : Bintan. Lombok. NZ. UK. Greece 😣😣😣
.
#trip
#vacation
#holiday
#dream
#target
#bucketlist πŸ’œπŸ’šπŸ’™β€
.
#aimee
#ootd
#baby
#instababy
#cutenessoverload 
#cute 🍣🍣🍣🍣 all u can eat
.
* nice food, semua sushinya enak! Sashimi truffle recommended. Jenis makanan lumayan banyak dan lengkap.
.
* poor service, tampang waiter waitressnya super datar bikin kita pingin mencret. Makanan lamaaa bgt and pesen 15 macem yg dateng 10 macem. Pesen 50 slices yang dateng 25 slices. Niat bikin AYCE ga si? Triknya elegan-an dikit dong.
.
* pesen ice cream, 1 scope-nya kecil banget, miris hati ini. Minta tambah, baru dateng setelah 15 menit. Segitu lamanya ya serve 1 scope amat-sangat-kecil ice cream?
.
* selesai
.
Karena makanannya enak maka masalah service tadi sedikit (saja) termaafkan
.
Harga buffet nett 234 rb. Anak kecil di bawah 10 tahun 50 % harga. Semua sudah termasuk free flow ocha. Time duration 2.5 hours.
.
#review
#restaurantreview
#3wisemonkeys
#senopati
#buffet
#japanese Amazed with the confetti
.
#aimee
#baby
#happybdaykarliekaylee 
#instababy 
#bakmigolek 
#party
#kauskakinyaitem Happy bday Karlie and Kaylee 😎
.
@kaylee_jovanka
@di4n_agust1na
@ivan_salim
#niece
#cousins
#family
#happybdaykarliekaylee 
#birthday
#bakmigolek
#party Mi gede familia πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅
.
#family 
#bigfamily
#cousins
#blessing
#happybdaykarliekaylee 😎😎😎
.
#aimee 
#baby
#instababy
#cutenessoverload Paling demen pake sepatu orang πŸ˜„
.
#aimee
#baby
#instababy
#cutenessoverload Our humble buka puasa. Ga kenyang but had a fun and lots of laugh 😁
.
#bukber
#bukapuasa
#office
#alfalaval
#dinner
#ramadhan
#puput 🀣🀣🀣🀣
.
#aimee
#instababy
#baby
#learning
#motoric
#gregetansendiri Not a big one but has unique room with stair and small living room
.
#hotel
#hotelreview
#studioMhotel 
#design
#interiordesign Met buka puasa
.
#latepost
#colettelola
#drink
#beverage Nice spot to chill out πŸ˜€
.
#greenery
#hotel 
#studioMhotel
#spore
#design 
#interior -> baru cobain #telatbanget
.
Lebih suka saingannya, si Golden Duck something itu πŸ˜€
.
#irvins
#saltedegg 
#snack
#spore
#food
#fishskin Cute!
.
#animal
#beach
#sand
#seashell 
#maldives #snorkeling
#maldives
#buffy
#beach
#sea
#turquoise 
#holidayisover 
#traveling #beach
#sand
#turquoise 
#adaaranprestigevadoo 
#adaaran 
#resort
#holiday 
#traveling 
#maldives 
#island #sandbank
#beach
#turquoise 
#sea
#view
#panoramic
#landscape
#maldives

Blog Stats

  • 441,724 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

January 2013
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: