Fanny Wiriaatmadja

Toleransi

Posted on: January 2, 2013

Sometimes in life ada hal-hal yang kita sebagai makhluk lemah penuh prasangka, perlu sedikit toleran.

Dididik di kota besar yang keras dan menyokong egosentrisme seperti Jakarta mungkin sedikit banyak sudah meluluhkan dan mengikis sensitivitas bawaan lahir sehingga membuat kita seolah punya hati tapi tiada nyawanya.

Cukuplah sudah basa-basinya, mari masuk ke beberapa contoh simple di bawah ini – ini yang saya pribadi pernah alami dan cukup bagus untuk jadi proses pembelajaran, walaupun sekarang juga masih berjuang untuk jadi orang yang tetap toleran :

• Saat saya naik mikrolet, seorang wanita naik dan duduk di samping saya. Baru sekitar 2 menit berjalan, si wanita menyetop mikrolet tsb. dan turun tepat di depan rumah tujuannya. Saat itu langsung benak saya berputar dan di hati jahat ini terceplos, “malas amat sih, rumah sedekat itu aja naik mikrolet.. jalan kaki aja kenapa sih?” Aneh sekaligus familiar kan.. Padahal saya ga kenal itu orang, jadi apa urusannya sama saya kalo dia turun setelah mikrolet baru jalan 2 menit? Terus emangnya merugikan saya kalo’ dia turun dalam jarak dan waktu dekat? Efeknya pun ke hidup saya ga ada. Betapa manusia (dalam hal ini saya) begitu mudah berasumsi negatif..

Padahal kalau dipikir atau direka lebih jauh secara positif, bisa aja kakinya ternyata lagi sakit (misal abis operasi atau luka) sehingga dia memang ga bisa jalan jauh.. atau BARU SAJA terluka atau jatuh atau keseleo, sehingga dia lagi di posisi kesakitan dan ga bisa jalan atau harus sedikit terpincang dan menahan sakit.. atau sandal/sepatunya bermasalah (misal sol nya copot sebelah, atau talinya putus atau apapun kerusakan lain yang mungkin terjadi di dunia persandalan/persepatuan, you name it lah) sehingga dia sungguh kesulitan berjalan even dalam jarak dekat.. atau sebab-sebab lain yang sekali lagi, merupakan urusan pribadi dia dan seharusnya saya ga usah kepo mereka-reka, menuduh atau mencap negatif kepadanya.. iya ga sih? Kalaupun ternyata memang dia pemalas sehingga memilih naik mikrolet, ya sudah toh, yang penting dia punya duit buat bayar.. none is your business..

prodk_14_1

• Hal yang sama bisa terjadi saat ketemu/ lihat orang yang BB-an di tengah jalan/di jembatan penyeberangan atau di mana pun lokasi lainnya yang sebenarnya kurang ‘pantas’ untuk seseorang ber-BB-ria karena mengganggu dan menghambat orang lain yang sedang berjalan di belakangnya. Bertoleransilah yang sama, mungkin ada berita/hal yang perlu dia akses di BB-nya.. mungkin ada sesuatu yang urgent di kantor atau kerjaannya sehingga mengharuskan dia stand by terus di waktu tsb., dalam hal ini melalui BB-nya.. mungkin ada sahabat/kerabat yang sakit parah yang sedang dia pantau keadaannya.. dan masih banyak lagi seribu alasan manusiawi lainnya.. sekali lagi, bertoleransilah sepanjang tidak membuat hidupmu terhenti atau tidak bersifat hidup-mati.. kalau dia mengganggu jalanmu dengan perbuatannya, tinggal salip saja dan masalahmu selesai toh?

• Another case yang sering terjadi adalah saat kita berkendara di jalan dan sebuah mobil menyalip kendaraan kita. Sebagian besar cowok/pria yang (menurut saya) panasan, sok jagoan, sok galak, ga mau kalah, sok cool, dll, akan memilih bersikap reaksioner terhadap insiden itu dengan cara :

1. Tancap gas kuat-kuat dan balas menyodok atau menyalip atau apapun yang bisa menunjukkan “eh-kurang-ajar-lo-jangan-berani-berani-lo-sodok-gw” atau memperlihatkan bahwa harga diri kita telah dilukai dan keberadaan kita (dan mobil kita) tidak diindahkan atau dipedulikan oleh si penyalip..

2. Atau kalau kita tidak bernyali sebesar itu atau bahasa kasarnya lebih pengecut, at least kita akan klakson kencang-kencang dengan pola yang meneriakkan “Hey, asshole!” untuk menunjukkan bahwa kita terganggu

3. Kebalikannya, kalo nyali kita berlebih seperti sel kanker yang tumbuh ganas dan kebetulan si penyalip agak keterlaluan juga ditambah ada situasi yang mendukung dan menguntungkan seperti lampu merah, kita akan buka pintu mobil kita dengan kasar, turun, nyamperin mobil itu dan menggedor kacanya, atau kalau mau sedikit lebay, membawa pernak-pernik ganas apapun yang bisa digunakan untuk menggebuk dan memecahkan kaca mobil, plus menyambar kerah baju si pengemudi (apalagi kalo kita liat si pengemudi lebih muda dari kita dan mukanya culun).

Menyalip Kendaraan
Hei para pengemudi, akuilah bahwa kalian pernah melakukan point no. 1 & 2 (atau bahkan 3)..
My point is, kadang ga perlu reaksioner seperti itu.. ‘Sedikit’ toleranlah.. mungkin si penyalip / si pengebut sedang ada sesuatu yang urgent, misal istrinya lahiran, atau mama/papa/anak/keluarganya kecelakaan, atau kebelet pup sudah di ujung pantat, dan masih banyak alasan lain..

Selama tidak merugikan dan hanya bikin sebel, sudahlah ga usah bereaksi seperti preman kesiangan, apalagi sampai mengatasnamakan “si penyalip itu sudah membahayakan isi seluruh mobil saya (misal keluarga saya)” dll.. Nah, kalo kebetulan kalian balas-balasan menyalip, kemudian ketemu penyalip yang lebih beringasan dan terjadi pukul memukul, atau kita balas menyalip kemudian terjadilah kecelakaan atau sejenis itu, apa bukan itu yang membahayakan keluarga/penumpang mobil kita? Jadi ga usah sok mulia untuk membenarkan apa yang kita (salah) buat.

Untuk hal-hal kecil yang ga penting, ga usah terlalu emosional lah.. kalem dikit.. lebih cool kalau kita bisa menghadapi si penyalip dengan santai, ketimbang sok jagoan marah-marah dan show-off..
It’s just my opinion.. Untuk semua case yang terjadi, mari sedikit bertoleransi.. ga usah kampungan bin kepo dengan berpikir negatif..

Selamat memilih, untuk jadi orang yang reaksioner atau responsif..

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

January 2013
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: